Youtube Ads vs TV Ads – Mana yang Lebih Menguntungkan?

No Comments

youtubevstv-12ef

Dibalik pemotongan kabel yang terus meningkat dan video online yang justru terus naik serta ditambah banyak Youtubers muda yang bermunculan membuat pemirsa TV berpindah ke Youtube. Menurut sebuah study baru, ‘anak-anak muda lebih sering menghabiskan waktunya untuk menonton video online di Youtube daripada TV, hal itu karena mereka lebih nyaman dan relevan di kehidupan mereka’.

Pemirsa youtube kisaran usia 12-25 tahun menghabiskan waktunya kurang lebih 12 jam dalam seminggu untuk menonton video online di Youtube dan kurang dari 8 jam untuk menonton TV.

Menurut survey 66% pemirsa beralih menonton video online untuk bersantai-santai dan 47% untuk tanyangan TV. Bisa dilihat dari survey diatas, saat ini banyak sekali pemirsa yang lebih nyaman menonton video online.

Saat ini juga bisa kita perhatikan, saat pemirsa menonton acara di TV, mereka lebih suka menghindari iklan kemudian menggantinya dengan acara lain. Hal itu menyebabkan berkembang layanan internet streaming seperti Youtube semakin pesat, serta bisa diakses di berbagai perangkat. Apalagi saat ini banyak yang memanfaatkan Youtube sebagai search engine untuk mencari tutorial-tutorial.

Kami tidak mengatakan bahwa iklan di tv akan mati (baca : tidak berfungsi) mengingat masih banyak orang yang memanfaatkan TV sebagai sarana hiburan. Namun, iklan di TV akan tampil sesuai dengan siaran saat itu. Padahal selera konsumen pastinya berbeda-beda bukan? Nah jika di Youtube, iklan akan ditayangkan sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Dalam sebuah penelitian, iklan di Youtube lebih terjangkau dan lebih efektif daripada iklan di TV. Sebuah study dari internet Advertising Bureau (IAB) berpendapat bahwa anggaran iklan di TV bergeser untuk iklan Video Online yang dapat dijangkau dengan biaya yang rendah. Ditemukan juga 15% dana untuk iklan di TV hanya mengalami peningkatan 4.2% saja.

Bisa dibayangkan beruntungnya Anda jika beriklan di Youtube bukan?

Hmm, bagaimana? Apakah video marketing sudah menjadi strategi digital Anda?

Setelah membaca artikel diatas, tentunya Anda sudah menghitung-hitung keuntungan beriklan di Youtube. Kami harap iya, hehe.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk pemasangan iklan youtube, hubungi saja kami. Karena kami adalah Google Partner di Jawa Tengah, tentunya kami akan memberikan yang terbaik untuk bisnis Anda.

More from our blog

See all posts
No Comments