Waspada Malware Jenis Baru, “Ransomware Petya” !!!

No Comments

Belum lama ini dunia sudah digegerkan dengan penyebaran Malware Ransomware jenis Wannacry. Ransomware jenis ini telah menginfeksi setidaknya 99 negara di seluruh dunia. Komputer yang sudah terinstall Wannacry ini akan kehilangan datanya. Untuk mendapatkan kembali data tersebut, korban diharuskan membayar tebusan yang telah ditentukan oleh pelaku. Tidak jauh dari Wannacry, Ransomware yang baru-baru ini telah menginfeksi 250.000 komputer di 64 negara memiliki karakteristik yang sama. Ransomware terbaru ini disebut-sebut sebagai Ransomware Petya.

Ransomware Petya merupakan salah satu malware jenis teranyar yang akan menginfeksi komputer korban dengan mengenkripsi seluruh datanya yang tersimpan di komputer. Untuk mengembalikan data seperti semula, korban diminta untuk membayar sebesar USD 300 dalam bentuk bitcoin. Namun diketahui tujuan dari Petya bukanlah untuk uang. Petya ini memiliki tujuan untuk merusak sistem komputer. Jadi percuma saja membayar uang tebusan, data dari komputer tidak akan kembali.

Ransomware ini pertama kali dilaporkan menyebar dan menginfeksi di bank Ukrania. Petya juga telah mengganggu sistem server di perusahaan minyak terbesar Rusia, serta perusahaan perkapalan dan periklanan multinasional. Dilihat dari penyerangan yang dilakukan, pemerintah Indonesia melalui Menkominfo meminta pada tiga sektor, perbankan, penerbangan, dan energi untuk lebih waspada. Karena sejauh ini Petya telah menginfeksi perusahaan-perusahaan yang berjalan di sektor tersebut.

Berbeda dari WannaCry yang penyebaran melalui internet, Petya ini hanya menyebar melalui jaringan LAN. Sehingga hanya dibutuhkan waktu satu jam untuk menyebarkan virus Petya. Malware ini masuk melalui salah satu komputer yang belum di patch dan kemudian Petya akan secepat mungkin mendapatkan hak administrator dan menyebarkannya ke komputer lain melalui jaringan LAN. Untuk saat ini belum ada laporan terinfeksi Petya dari masyarakat Indonesia. Untuk mengantisipasi Petya menginfeksi komputer, lakukan beberapa tips berikut:

  1. Selalu backup data
  2. Gunakan sistem operasi original dan lakukan update secara berkala
  3. Install antivirus yang mampu melindungi komputer dari serangan Petya
  4. Gunakan password yang aman dan ganti secara berkala.

Berhatilah-hatilah selalu terhadap Ransomware Petya hingga Menkominfo memberi sinyal aman.

More from our blog

See all posts
No Comments