Artikel

TRIK PENINGKATAN PENJUALAN AKHIR TAHUN YANG PAS BAGI UKM

 

Senantiasa selalu ada yang ditunggu dari momen akhir tahun. Bukan soal perayaan tahun baru, melainkan beragam diskon yang kerap kali diberikan di beragam department store. Para merek besar malahan tidak ingin ketinggalan momentum akhir tahun dalam memberikan diskon. Tetapi apakah momen tahun baru cuma bisa dimeriahkan oleh para pemain atau merek besar saja? Bagaimana dengan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM)?

Jawabannya, tentu saja bisnis UKM juga bisa ikut serta memanfaatkan momen tahun baru untuk meningkatkan penjualan. Hanya saja, supaya pelaku bisnis UKM tidak merugi dan cukup menarik ketertarikan pembeli, maka cobalah pergunakan trik penjualan akhir tahun yang pantas bagi UKM ini.

  1. Paket diskon

Metode ini benar-benar mengandalkan kuantitas penjualan. Sebagai pelaku UKM yang perlu Anda lakukan adalah mengakalinya. Cobalah lakukan trik Paket Diskon ini. Caranya, adalah memberikan diskon khusus pembelian jumlah tertentu.

Misal, bisnis Anda bergerak di bidang fesyen. Maka Anda bisa memberikan diskon sebesar 30-50% kepada pelanggan yang membeli pakaian dan celana sekalian. Pastikan produk-produk yang Anda tetapkan adalah satu kesatuan yang membikin pelanggan merasa sayang bila tidak memanfaatkan diskon dari Anda.

Dengan trik ini Anda bisa meningkatkan jumlah produk yang bisa terjual. Karena dalam sekali pembelian paling tidak sudah ada dua produk yang terjual. Dengan semacam ini kuantitas penjualan yang Anda kejar untuk mendapatkan untung malahan bisa terpenuhi.

  1. Diskon volume

Trik diskon ini hampir sama dengan Paket Diskon. Bedanya, trik ini membebaskan pelanggan dalam memilih produk yang berkeinginan dibeli. Karena syarat mendapatkan diskon ini adalah pelanggan sepatutnya membeli produk Anda dalam jumlah tertentu. Misal, Anda mewajibkan pelanggan membeli lima item produk secara khusus dahulu supaya bisa mendapatkan diskon 20% dari total harga yang sepatutnya dibayar. Keuntungan yang bisa didapatkan dengan trik ini hampir serupa dengan trik Paket Diskon, adalah menunjang kuantitas penjualan Anda.

  1. Voucher diskon

Satu hal yang membawa pelanggan berkeinginan datang ke toko atau mengakses online shop bila sudah mendapatkan voucher diskon. Para pelanggan bisa mendapatkan voucher diskon dari beragam hal, mulai dari sebar voucher diskon Anda kepada para pelanggan dan konsumen yang pernah berkunjung ke toko Anda. Caranya bisa melewati surel, situs ataupun SMS

Voucher diskon sendiri bisa Anda variasikan, bisa jadi berupa kode unik atau undangan khusus. Misal, untuk pelanggan yang kerap kali bertransaksi Anda memberikan diskon di angka 30%, meskipun untuk konsumen yang jarang bertransaksi sebesar 50%. Atau sebaliknya bila memang Anda lebih mementingkan pelanggan utama.

  1. Flash sale

Anda bisa memanfaatkan momen akhir tahun dengan mengadakan flash sale. Mungkin Anda bisa menentukan hari-hari tertentu di bulan Desember untuk menjalankan trik ini.

Trik flash sale ini pantas bagi Anda yang cuma mempunyai biaya terbatas untuk mengadakan diskon. Jadi, Anda bisa memberikan diskon cuma pada produk-produk tertentu selama periode flash sale ini melainkan bisa kelihatan semacam wah di mata pelanggan.

  1. Free ongkos kirim

Membebaskan pelanggan dari ongkos kirim juga menjadi bagian dari program diskon. Keuntungannya benar-benar jelas, Anda tidak perlu menurunkan harga produk Anda. Trik ini benar-benar pantas bila bisnis Anda berhubungan dengan makanan atau minuman ringan, aksesoris atau produk-produk yang tergolong murah dan relatif murah.

Memberikan bebas biaya pengiriman tentu akan membikin senang pelanggan Anda. Apalagi bagi mereka yang berkeinginan membeli produk Anda dalam jumlah banyak. Karena itu, sebelum menjalankan trik ini, Anda harus benar-benar jitu menghitung seberapa besar imbasnya kepada margin profit Anda dari tiap pesanan. Dan Anda juga semestinya tahu minimal jumlah penjualan yang tertarget supaya trik ini bisa menguntungkan Anda.