Artikel

TIPS PROMOSI PENJUALAN DI AKHIR TAHUN

Bagi pekerja salesperson dan para marketer, musim liburan akhir tahun dapat menjadi musim yang paling ‘subur’ dan menjanjikan. Karena, beruntung tidaknya seorang marketer di musim liburan seperti akhir tahun ini akan bertumpu pada pelbagai strategi marketing dan promosi yang layak dengan perayaan yang tengah berlangsung. Untuk memperingati akhir tahun yang sedang berlangsung hingga awal tahun depan, ada baiknya kamu coba melakukan penyesuaian bagi strategi marketingmu setiap kali penghujung tahun tiba. Nah, di bawah ini kami akan beri beberapa tips yang mungkin bisa berguna untukmu.

  1. Tawarkan diskon spesial

Akhir tahun identik dengan banyaknya diskon dan potongan harga spesial dengan promo yang unik. Sediakan juga berbagai promo gift atau hadiah khusus akhir tahun, secara khusus bagi barang-barang atau jasa yang paling banyak mereka beli atau pakai. Pemberian diskon spesial ini juga dapat menjadi jembatan Anda untuk menyatakan selamat Natal dan Tahun Baru sekalipun. Apapun itu, koneksikan promosi dengan occasion atau peristiwa yang tengah berlangsung.

  1. Tawarkan sertifikat gift atau hadiah

Sekiranya kamu adalah marketer dari brand yang menawarkan jasa, pemberian sertifikat hadiah bisa jadi penawaran terbaik selama akhir tahun. Berikan sertifikat atau semacam kupon yang dapat ditebus oleh pelangganmu sehingga mereka merasa mendapatkan perlakuan spesial darimu. Kemungkinan mereka akan memakai sertifikat promo tersebut kian membesar di musim liburan, yang berarti makin membesar juga penjualan yang kamu dapatkan.

  1. Pakai juga peluang ini untuk melakukan cross-selling

Tawarkan produk dan jasa yang mungkin didapat sekaligus dalam bentuk paket. Tawarkan produk yang seandainya pas dengan barang atau jasa yang mereka berharap dapatkan. Cross-selling dapat juga dijalankan dengan pemberian gift certificate atau sertifikat hadiah dengan menawarkan harga yang lebih murah dengan tambahan jumlah barang atau jasa yang ditebus oleh pelangganmu.

  1. Kirimkan pandangan-pandangan baru untuk memberikan hadiah bagi pelangganmu

Ide-ide baru memberikan hadiah akhir tahun, hadiah Natal maupun libur lainnya yaitu salah satu sistem melakukan penjualan yang tepat sasaran di musim liburan atau pada peristiwa-peristiwa spesial. Tawarkan pandangan baru ini lewat media yang telah mereka subscribe sebelumnya agar kamu benar-benar menawarkan ke orang yang memang berharap mendapatkan info dari bisnismu. Berikan headlines yang menarik di title e-mail, seperti Tutorial Hadiah Hari Natal dan lainnya.

  1. Tawarkan jasa antar gratis

Umumnya, bisnis online yang menjual barang-barang akan dikenakan ongkos kirim. Tawarkan promo bebas ongkos kirim di musim liburan untuk membikin pelangganmu merasa hanya ada peluang terbatas selama liburan untuk berbelanja. Tawarkan juga bonus khusus seperti gratis buket bunga atau gratis cokelat pada pelanggan yang berbelanja. Tambahan ini akan membikin pelanggan merasa spesial dan tak berharap ketinggalan.

  1. Kirimkan kartu atau hadiah kecil untuk klien yang dahulu pernah menjalin relasi maupun klien yang sedang berlangsung kerjasamanya.

Dengan memberikan hadiah spesial ke klien di masa lalu atau klien yang kini sedang berprofesi sama, klien akan merasa diingat dan itu sistem yang baik untuk konsisten menjalin komunikasi. Harapannya yaitu untuk membikin mereka ingat akan brandmu dan berharap kembali memakai produk atau jasamu, tetapi tanpa menawarkan barang atau jasa apapun.

 

Sebelum liburan ini habis, coba praktekkan tips penjualan di atas!