Artikel

TIPS PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT HARBOLNAS BERLANGSUNG

Event tahunan bagi para penggila belanja akan langsung tiba. Hari belanja online nasional atau Harbolnas yang rutin digelar setiap 12 Desember akan banyak menyita perhatian masyarakat. Bagus yang bertingkah sebagai pembeli maupun pedagang. Mereka memanfaatkan berbagai platform e-commerce untuk merayakan pesta belanja online. Namun jika Anda adalah pembeli yang mengincar barang-barang hasrat dengan harga miring di website-website belanja, ada baiknya memandang beberapa hal terkait keamanan. Ini tentu agar momen Harbolnas dapat berlangsung aman dan nyaman. Dikala ini ada banyak sekali website-website berbelanja yang dapat dikunjungi, baik platform lama dan berpengalaman sampai platform baru yang terus bermunculan. Dalam event akbar Harbolnas ini, para penyedia jasa website belanja beradu tanding-lomba memberi tahu diskon dan penawaran menarik. Untuk menerima barang yang layak harapan, amati hal-hal berikut ini.

 

  1. Jangan gampang tergiur harga yang sungguh-sungguh miring

Hal pertama yang sepatutnya dilihat adalah jangan gampang tergiur dengan potongan harga yang tak masuk akal. Sekiranya harga yang ditawarkan sungguh-sungguh jauh dari harga pasaran normal, Anda sepatutnya curiga. Mungkin saja barang itu adalah barang palsu atau tiruan yang kualitasnya tak sama dengan yang original. Periksa terperinci dan rincian barang sebaik mungkin.

  1. Jangan betransaksi diluar website

Observasi persyaratan dan ketentuan berbelanja di setiap marketplace. Web yang baik dan terpercaya umumnya akan memberikan pelanggan jaminan transaksi yang terang. Data dan pembayaran pelanggan akan masuk ke suatu cara dan terverifikasi dengan terperinci sampai barang benar-benar sampai ke tangan pelanggan. Jangan berharap membayar jika mengarah keluar dari transaksi website apalagi sampai minta data penting seperti identitas atau nomor rekening.

  1. Jangan terpaku hanya di 1 website belanja saja

Yang tak keok penting, adalah ketika momen Harbolnas ini umumnya hampir seluruh platform belanja online akan menjual produk yang sama. Artinya, barang yang dijual di website satu dengan yang lain akan mempunyai kesamaan. Jadi pastikan Anda tak terpaku hanya pada satu website saja. Jelajahi website yang lain, bandingkan tawaran yang diberi, terperinci dan perincian produknya serta jaminan keamanan yang diberi. Jangan lupa baca terlebih dulu soal kebijakan dan ketentuan yang ditawarkan. Pastikan Anda telah benar-benar berada pada website belanja yang dapat dipercaya.

Dengan memakai tiga prinsip tersebut, setidaknya konsumen akan terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Peristiwa Harbolnas malah dapat berlangsung aman dan nyaman. Bijaksanalah dalam berbelanja, pastikan barang-barang tersebut benar-benar Anda butuhkan, sehingga tak hanya menuruti nafsu dan tergiur diskon saja. Selamat berbelanja!