Tips Menggunakan Social Media Untuk Promosi Bisnis

No Comments

Promosi bisnis melalui rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) memang masih menjadi cara yang sangat efektif. Orang cenderung lebih percaya pada rekomendasi dari teman atau orang yang dikenal. Tapi di era digital seperti sekarang cara berkomunikasi seperti ini lebih mudah disampaikan melalui social media. Menggunakan social media untuk keperluan bisnis tidak boleh hanya tentang promosi (hard selling) saja. Seperti halnya bersosialisasi di dunia nyata, kita tidak akan suka bila seorang teman hanya bicara soal promosi usahanya saja. Maka dari itu pembicaraan kita di social media juga harus variatif, kreatif, dan berguna bagi banyak orang. Konten yang menarik akan membuat suatu post di media social menjadi viral atau tersebar secara luas.

Sekarang ini jumlah social media makin banyak. Jumlahnya bisa mencapai ratusan situs di seluruh dunia. Masing-masing memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Tentunya akan sangat sulit jika kita harus mengurus begitu banyak akun social media sekaligus. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar memilih yang sesuai dengan tujuan dan jenis usaha masing-masing.

Media Sosial untuk Promosi Bisnis

 

Berikut adalah beberapa situs social media yang banyak digunakan di Indonesia dan penggunaannya untuk kepentingan bisnis.

 1. Facebook

Facebook masih menjadi social media yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dikabarkan akhir tahun 2013 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 60 juta orang lebih. Pengguna Facebook beragam mulai dari anak remaja hingga dewasa muda, pria dan wanita, serta hampir segala golongan social. Untuk keperluan promosi bisnis dianjurkan untuk membuat Facebook Fanpage daripada menggunakan profil pribadi.

 2. Twitter

Twitter dan Facebook adalah aplikasi social media yang paling banyak diunduh di gadget Android dan iOS. Sebagian orang menganggap keterbatasan Twitter dalam menampilkan posting dalam 140 huruf sebagai kekurangan namun juga karakteristik Twitter dan keunikannya. Gunakan tweet singkat tersebut sebagai referensi link menuju halaman artikel atau landing page yang lebih informatif.

 3. Google+

Pengguna akun Gmail sebetulnya secara otomatis telah mendapatkan akun Google+, karena seluruhnya tergabung dalam 1 akun Google yang sama. Sebenarnya Google+ bukan sekedar social media tapi sebagai platform yang terkoneksi secara luas dengan layanan Google lainnya seperti Google Maps, Gmail, YouTube, Blogger, dan sebagainya. Sayangnya di Indonesia jumlah pengguna aktif yang memanfaatkan Google+ masih belum sebanyak Facebook dan Twitter. Saat ini Google+ lebih banyak digunakan oleh kalangan techie dan profesional muda. Namun kedepannya potensi Google+ sebagai social media untuk promosi bisnis akan sangat besar melihat kapasitas Google dan integrasi Google+ dengan layanan-layanan Google lainnya.

4. LinkedIn

LinkedIn adalah social media yang berorientasi pada bisnis, karir, dan artikel berita. Sekarang LinkedIn banyak digunakan kalangan professional dan pekerja untuk saling memperkenalkan resume dirinya. Untuk kepentingan bisnis, situs ini sangat berguna dalam mencari partner kerja dan menjangkau klien baru. Karena segmentasi penggunanya tersebut, LinkedIn sangat bermanfaat untuk promosi produk yang sifatnya B2B.

 5. Instagram

Belakangan ini Instagram menjadi situs social media yang sangat populer di kalangan anak muda, designer, dan penyuka fashion. Tentunya karena situs ini merupakan social media untuk berbagi foto dan video. Jika bisnis anda menjual produk atau layanan yang bersifat visual maka Instagram menjadi pilihan yang bagus untuk berpromosi. Contohnya adalah produk pakaian, mainan anak, kreasi design, makanan, dan sebagainya.

6. YouTube

YouTube adalah media online streaming video terbesar di dunia. YouTube menjadi media yang sangat baik untuk keperluan branding. Untuk melakukan promosi yang efektif di YouTube, buatlah konten video yang menarik dan kreatif. Dengan perkembangan teknologi sekarang, proses produksi video dapat dilakukan dengan mudah dan biaya yang sangat minim. Untuk meningkatkan audience dengan lebih maksimal dapat menggunakan iklan YouTube.  Banyak keunggulan dalam beriklan di YouTube dibandingkan dengan iklan broadcast di televisi, diantaranya hasil yang lebih terukur, engagement (hubungan) 2 arah yang lebih erat dengan pemirsa, demografi pemirsa yang bisa disegmentasikan, dan biaya yang relatif lebih efektif dan efisien.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam promosi bisnis anda melalui social media, percayakan kepada pihak yang berpengalaman. HeroSoftMedia adalah konsultan digital dan Google Advertising Partner pertama di Jawa Tengah. Bergabunglah bersama perusahaan-perusahaan yang telah puas menggunakan jasa kami diantaranya Kopi LuwakAvaya InternationalJamu BorobudurRaja Susu, dan masih banyak lagi. Kami memberikan ide-ide dan solusi-solusi kreatif bagi kampanye digital Anda.

 

logo herosoftmediagoogle partner

 

More from our blog

See all posts
No Comments
     

    Leave a Comment