Tips Mendapatkan Promosi Gratis Untuk Bisnis Anda
Uncategorized

Tips Mendapatkan Promosi Gratis Untuk Bisnis Anda

Mempromosikan produk tidak semuanya harus berbayar. Banyak cara untuk mempromosikan produk anda secara gratis. Berikut ini adalah cara untuk mempromosikan produk secara gratis dengan mudah.

  1. Membuat artikel marketing

Pada sebuah toko online wajib menurut saya untuk memiliki fitur blog yang nanti digunakan untuk menulis artikel. Buatlah artikel sebanyak-banyaknya mengenai produk anda untuk mendapatkan pengunjung tertarget dari mesin pencari. Untuk itu website anda harus user friendly dan seo friendly agar pengunjung nyaman dan mudah dalam menavigasi website anda dan juga mesin pencari juga mudah menemukan website anda.

Sekali-kali buatlah artikel berbentuk tips-tips yang bermanfaat agar bisa memberi image kepada pengunjung bahwa website toko online anda berkualitas. Untuk membuat artikel marketing ini tentu dibutuhkan wadah seperti blog. Sekarang ini sudah banyak platform yang menyediakan blog-blog gratis.

  1. Membuat video marketing

Anda bisa membuat video-video menarik dan tawaran-tawaran mengenai produk anda. Membuat video disini tidak harus dengan alat yang profesional. Bisa dengan foto-foto produk dari handphone dan ditambahkan kata-kata dan di edit se menarik mungkin. Di awal atau akhir video anda harus menuliskan alamat toko online anda.

Setelah itu anda bisa meng-upload video tersebut ke youtube atau social media lainnya dan jangan lupa tuliskan tawaran menarik dan alamat toko online anda pada bagian deskripsi.

  1. Membangun email marketing

Cara ini sudah dikenal ampuh untuk membangun selalu hubungan anda dengan konsumen maupun calon konsumen. Anda bisa menarik pengunjung toko online anda dengan tawaran-tawaran menarik, atau tips-tips menarik agar mereka mau mendaftarkan email mereka di sistem anda. Anda bisa menggunakan sistem email pihak ketiga. Jika anda sudah mempunyai banyak list email, anda bisa mengirimkan tawaran-tawaran menarik anda langsung ke email mereka.

  1. Berpromosi di media sosial

Selain berpromosi prodik-produk anda, sesekali promosikan juga artikel-artikel anda ke media sosial agar toko online anda mendapat banyak kunjungan. Jika anda mempunyai kontak BBM, teman dan follower yang banyak di media sosial, itu akan menjadi lebih mudah lagi.

Tapi jika teman dan follower anda sedikit anda bisa mention di Twitter orang lain, masuk ke ke grup-grup Google+, Facebook, grup BBM, WhatsApp, Line dan masih banyak lainnya.

Carilah grup yang sesuai dengan tema produk anda. Promosilah dengan minta izin dan kata-kata yang menarik. Promosi inijuga bisa dilakukan dengan men-share secara otomatis produk Anda ke media sosial yang Anda miliki.

  1. Promosi mulut ke mulut

Setelah toko online anda siap untuk di promosikan, anda bisa mempromosikan toko online anda tersebut dengan cara mengabari teman-teman kerja, teman lama, keluarga, tetangga dan kerabat anda lainnya. Anda tidak perlu mempromosikan langsung agar mereka mau membelinya, tapi berpura-puralah kepada mereka untuk meminta tanggapan mengenai toko online baru anda.

  1. Promosi di forum-forum

Ada banyak sekali forum-forum besar di Indonesia. Anda bisa memanfaatkannya untuk promosi produk kita, tentunya dengan mengikuti aturan-aturan dari masing-masing forum tersebut. Biasanya forum tersebut akan menyediakan ruang khusus untuk member yang mau berpromosi.

  1. Guest Blogging

Dengan strategi ini buatlah artikel-artikel menarik di situs-situs yang menyediakan guest post atau penulis tamu dimana dalam artikel tersebut anda harus bisa membuat tautan atau rujukan kesitus anda secara natural. Dimana pembaca tidak merasa ada kesan promosi pada artikel tersebut. Anda bisa menautkan ke artikel-artikel atau langsung ke alamat utama toko online anda.

  1. Berkomentar di berbagai website, blog, forum dan sosial media

Cara ini berbeda dengan cara-cara diatas, disini kita tidak mempromosikan secara langsung produk-produk anda. Anda  hanya perlu berkomentar atau menanggapi suatu topik yang sedang heboh dibicarakan. Tulislah tanggapan anda mengenai topik tersebut, setelah menulis komentar/tanggapan tinggalkan sebuah kalimat pendek yang menarik beserta link / anchor link menuju toko online anda sebagai tanda tangan anda.

  1. Pakai produk sendiri

Cara ini hanya berlaku jika produk anda adalah produk yang bisa digunakan pada kegiatan sehari-hari.  Gunakanlah produk-produk terbaik, jika produk anda unik dan bagus maka akan memancing orang-orang disekitar anda untuk bertanya seputar produk tersebut. Disitulah kesempatan anda untuk berpromosi.