Bisnis Online, Blog, Uncategorized

Tips Bikin Produk Cepat Dikenal Masyarakat

Untuk memasarkan produk makanan, berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti.

1. Promosikan produk mu agar banyak orang mengenal dan tertarik dengan produk tersebut. Buat brosur dan sebarkan. Kamu juga bisa memasang iklan baris di media cetak atau online, mengirimkan email atau surat langsung, membuat website/toko online, aktif di sosial media seperti facebook, twitter dan instagram. Atau menawarkan langsung kepada orang-orang di sekitar mu terlebih dahulu.

2. Buatlah kemasan yang menarik, logo dan desain pada kemasan yang sesuai dengan produk mu. Berikan informasi yang lengkap pada kemasan tersebut, seperti : tanggal kadaluarsa, nomor telpon, bahan baku produk, cara penyajian dan lainnya.

3. Sesuaikan pemasaran dengan target pasarnya. Jika bentuk produk merupakan jajanan pengiring makanan seperti kerupuk maka lakukan pemasaran di warung makan atau restoran. Bangun juga kerja sama pemasaran dengan menitipkan produk kamu di toko-toko, minimarket, warung-warung, restoran, kantin. Selain itu, kamu bisa membuat sistem keagenan atau reseller untuk orang-orang yang ingin menjual produk kamu secara langsung. Untuk keagenan atau reseller ini agar menarik mereka untuk memasarkan, berikan komisi yang menarik, biasanya mulai dari 20%-40%. Tawarkan paket keagenan dengan jenjang komisi yang berbeda. Misalnya untuk agen yang membeli 10 unit mendapatkan diskon 10%, membeli 20 unit diskon 20% dan seterusnya.

4. Jaga pelanggan Kamu. Jika sudah mempunyai pelanggan tetap, Kamu harus terus berkomunikasi dengan mereka, hubungi mereka secara rutin melalui banyak cara seperti sms, telpon, bbm, email, sosial media dan lain-lain. Bangun database mereka dengan baik. Sampaikan informasi ke pelanggan dengan rutin tentang produk terbaru, promo khusus, dan lainnya. Dan mengunjungi langsung juga pelanggan-pelanggan yang mempunyai prospek yang bagus.

5. Buatlah juga kerjasama dengan pihak lain, seperti dengan restoran-restoran. Kamu dapat memberikan diskon khusus kepada pelanggan restoran tersebut jika membeli produk Kamu di restoran tersebut. Buat paket produk dengan produk lain di minimarket, misalnya produk Kamu dijual satu paket dengan produk kecap dengan harga khusus dan menarik. Berikan produk sample yang gratis di acara-acara tertentu. Banyak cara kerjasama lainnya yang bisa digali.

6. Kamu juga harus aktif menyampaikan langsung tentang produk Kamu di berbagai acara dan media. Misalnya melalui sebagai pembicara atau narasumber di radio-radio, majalah bisnis, blog/web. Kamu juga harus aktif di organisasi dan komunitas agar bisa banyak bertemu orang. Jadilah sponsor di acara amal dan lainnya. Ikuti bazaar dan pameran yang mempunyai prospek yang bagus.

Demikian beberapa tips yang dapat kamu ikuti jika memiliki sebuah usaha di bidang makanan. Dengan melakukan berbagai strategi untuk pemasaran tersebut diharapkan produk mu semakin banyak dikenal masyarakat luas. Jangan lupa untuk terus melakukan inovasi baik dari segi produk dan strategi agar bisa menghasilkan omzet yang semakin besar.