Artikel

SUDAH MENDEKATI HARBOLNAS, TAPI MASIH BELUM TAHU APA ITU HARBOLNAS?

 

Apa sih, HARBOLNAS itu? Buat kalian yang belum familiar,  HARBOLNAS adalah Hari Belanja Online Nasional, yang pertama kali dirayakan di Indonesia pada tanggal 12 Desember 2012. Sesudah berhasil menggelar perayaan ini sebanyak dua kali pada tahun 2012-2013, HARBOLNAS kemudian dirayakan tiap tahunnya pada tanggal yang sama; 12 Desember. Dulunya, perayaan ini lebih diketahui dengan sebutan Hari 1212. Pada tahun 2013 alhasil diperkenalkan dengan istilah Hari Belanja Online Nasional. HARBOLNAS punya misi untuk mengedukasi masyarakat perihal mudahnya belanja online dengan nyaman dan aman juga dapat dilakukan kapan saja, di mana saja. Nggak cuma itu, kampanye ini juga dialamatkan untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia yang notabene memiliki pertumbuhan pengguna dunia online yang cukup tinggi.

Perayaan ini mulanya terinspirasi dari Cyber Monday, di mana para retailer memberikan promo dan diskon besar-besaran sesudah Thanksgiving Day untuk menarik konsumen berbelanja online. Lucunya, Cyber Monday bahkan hakekatnya terinspirasi dari Black Friday, yang dilakukan hari Jumat sesudah Thanksgiving Day. Kata “black” pada Black Friday merepresentasikan berubahnya neraca pembukuan mereka dari merah (rugi) menjadi hitam (untung) yang artinya mereka memperoleh banyak profit dari penjualan besar sesudah Thanksgiving Day, menjelang natal dan tahun baru. Cyber Monday dan Black Friday ini sudah familiar di negara-negara seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang.

Pada HARBOLNAS tahun ini, akan diadakan penawaran menarik seperti promo dan diskon besar-besaran sampai 80% dari beraneka pihak e-commerce untuk para konsumen selama cuma 24 jam. Dalam 24 jam tersebut, konsumen menerima penawaran diskon terbesar sepanjang tahun untuk produk-produk menarik, cuma via online.