Strategi Pemasaran Online Yang Efektif Untuk UKM

No Comments

Usaha Kecil Menengah atau yang biasa disebut dengan UKM di Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan mencapai 56 juta usaha. Dari jutaan UKM yang telah merayapi dunia kerja di Indonesia, terdapat 107 juta manusia yang telah menggantungkan hidupnya pada UKM tersebut. Melalui UKM ini masyarakat Indonesia dituntut untuk lebih kreatif. Kreatif dalam menciptakan produk hingga memasarkan produk. Namun dari jutaan UKM yang telah menyebar di seluruh daerah Indonesia, Bagaimana cara Anda sebagai salah satu pemilik UKM dalam membangun strategi pemasaran? Apakah strategi pemasaran yang Anda terapkan sudah tepat dan terbukti ampuh?

Dari jutaan UKM di Indonesia, hanya 10% saja yang baru menerapkan strategi pemasaran online UKM. Strategi pemasaran online dapat diartikan sebagai cara memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya melalui internet. Dari hasil survey menunjukkan, UKM yang menerapkan strategi pemasaran online penghasilannya 80% persen lebih tinggi dibanding dengan pelaku konvensional. Selain itu, terdapat potensi 1,5 kali lebih besar untuk menyerap tenaga kerja.

Melalui pemasaran online ini, jangkauan menjadi lebih luas dan tidak terbatas. Konsumen dapat menemukan produk Anda dimanapun mereka berada selama terdapat internet untuk mengaksesnya. Pemasaran secara online ini memberikan kemudahan yang lebih banyak untuk konsumennya, diantaranya kemudahan dalam memilih barang, pembayaran, dan pelanggan tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke toko. Pelanggan cukup duduk manis di rumah bersama gadget dan akses internetnya untuk mengakses toko virtual Anda.

Jadi kesimpulannya, Anda perlu menjalankan strategi pemasaran online UKM!

Terapkan strategi pemasaran online ini untuk UKM yang lebih berkembang dan dicari oleh pelanggan.

STRATEGI PEMASARAN ONLINE YANG EFEKTIF UNTUK UKM

  1. Wajib bagi Anda untuk memiliki toko virtual, baik milik sendiri atau melalui perantara. Untuk mendapat pengunjung yang menjadi calon konsumen Anda, terapkan strategi pemasaran online pada poin-poin selanjutnya.
  2. Gunakan Facebook sebagai media periklanan.

Anda Anda bisa memanfaatkan Facebook sebagai media beriklan. Pengguna Facebook telah mencapai 88 juta pengguna. Ini menjadi peluang besar bagi Anda untuk mengiklankan usaha. Facebook bukan lagi menjadi sarana curhat atau ajang pamer. Media sosial terpopuler ini menjadi tempat yang tepat untuk beriklan. Selain itu, Facebook telah menyediakan banyak tools yang dapat memermudah kinerja iklan. Di media sosial milik Mark Zuckerberg ini terdapat Facebook Ads yang sering digunakan oleh para pelaku UKM / bisnis online. Dan terbukti mereka berhasil sukses. Usaha mereka semakin dikenal oleh banyak orang sebab dari iklan yang mereka pasang di Facebook Ads. ingin tahu caranya? Anda bisa melihatnya di Lakukan Tips Ini Untuk Meraih Pelanggan Bisnis Melalui Facebook.

  1. Blogging atau konten website.

Metode Blogging atau konten website ini biasa digunakan sebagai tempat berpromosi. Anda bisa membuat blog yang berisi penjelasan tentang produk Anda. Blogging merupakan salah satu strategi dan tentunya mempunyi dampak baik untuk pemasaran online Anda.

  1. Jalankan email marketing.

Untuk strategi pemasaran online yang selanjutnya Anda bisa menjalankan email marketing. Susun beberapa cara atau trik yang dapat memikat calon konsumen. Strategi pemasaran online UKM menggunakan email marketing ini masih mendapat banyak respon baik dari calon konsumen. Anda bisa menerapkan metode pemasaran online ini untuk bisnis atau UKM.

  1. Gunakan situs penyedia iklan.

Untuk metode pemasaran online UKM yang kelima, Anda bisa memasang iklan melalui situs penyedia iklan seperti, Google adwords, Facebook Ads, SEO, Instagram Ads, dan masih banyak lagi. Dengan mereka, pengiklanan UKM akan semakin optimal. Mereka akan membantu traffic pengunjung menjadi semakin tinggi.

> Google adwords

Google adwords merupakan sebuah strategi pemasaran periklanan menggunakan mesin pencarian google. Google adwords ini juga disebut sebagai Search Engine Marketing (SEM).

> SEO

Search Engine Optimization (SEO) yaitu proses untuk memengaruhi tingkat keterlihatan suatu website di hasil pencarian dari sebuah pencarian. Jadi dengan mneggunakan SEO maka situs web yang kita miliki berada pada posisi teratas.

> Facebook ads

Facebook ads ini salah satu fitur beriklan yang ditawarkan oleh facebook. Kita dapat mengiklankan suatu fan page yang sebelumnya sudah dibuat dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan.

> Social media

Gunakan social media sebagai media untuk berpromosi. Pengguna media sosial diketahui dari tahun ke tahun semakin meningkat. Itu peluang besar bagi kita untuk mengiklankan usaha di media sosial. Dengan begitu produk/ jasa yang kita tawarkan semakin dikenal oleh banyak orang.

Itulah strategi pemasaran online yang efektif untuk UKM. Jika Anda salah satu pelaku UKM, terapkan strategi diatas untuk menuju UKM yang maju dan sukses.

 

Ingin situs web Anda berada di halaman pertama pencarian Google? HeroSoftMedia solusinya. HeroSoftMedia merupakan Digital Marketing Agency sebagai Google Partner pertama di Jawa Tengah. HeroSoftMedia akan membantu menyusun strategi marketing yang tepat sasaran untuk bisnis online Anda. Ada ratusan UKM hingga perusahaan internasional yang telah bergabung. Kini giliran Anda untuk bergabung dan menuju tak terbatas.

Mataram Plaza B-1 MT Haryono 427-429, Semarang, Indonesia

024 3518888

marketing@herosoftmedia.com

More from our blog

See all posts
No Comments