Artikel, Blog, Web Design

Software Untuk Membuat Website

Era digital ini membiasakan kita untuk selalu terhubung dengan yang namanya internet. Internet inilah yang menjadi pintu pertama kita menjelajahi dunia maya, banyak yang bisa kita jelajahi di dunia maya salah satunya adalah berselancar di website. Website itu sendiri identik dengan halaman di internet yang menampilkan informasi yang memang betul-betul dibutuhkan oleh para pengunjung atau bisa juga disebut para pembaca. Jadi, apabila diibaratkan, website itu bisa berupa sebuah wadah yang menyajikan beragam ilmu-ilmu yang hanyalah tinggal kita ambil (akses) dan mulai kita baca.

Banyaknya website yang beredar ini menjadi pekuang bagi para web designer, tapi tahukan Anda bahwa sesungguhnya Anda juga bisa membuat website sendiri dengan menggunakan software pendukung. Dibawah ini sudah kami rangkum beberapa software untuk membuat website yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah website.

1. Web Builder Visual (Wysiwyg editor)

Software yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menyunting website secara visual. Aplikasi dengan basis Wysiwyg editor ini Anda dapat merancang website dengan praktis dan mudah. Sehingga tidak memerlukan pengetahuan mendasar tentang pemrograman sebuah website.

Dengan memanfaatkan Web Builder Visual ini, Anda bisa menciptakan sebuah website yang sangat profesional dengan mudah hanya dalam beberapa wakt saja. Jadi, bagi pemula yang belum mengetahui banyak tentang pemrograman website bisa mencoba memanfaatkan Web Builder Visual ini.

2. Dreamweaver

Software untuk pembuatan website lainnya adalah dreamweaver. Software ini bisa Anda manfaatkan untuk pembuatan website, baik website yang sederhana hingga website profesional. Untuk memanfaatkan software ini kita bisa mencoba salah satu dari jenis dreamweaver, yakni macromedia dan adobe.

3. Notepad

Bagi pemula memang sangat cocok untuk memanfaatkan aplikasi notepad ini untuk merancang dan membuat sebuah website. Notepad sendiri adalah aplikasi editor teks yang biasanya digunakan untuk CSS, PHP, HTML dan lain sebagainya. Selain itu, memanfaatkan aplikasi pembuat website ini tergolong lebih ringan dibandingkan aplikasi lainnya.

4. CoffeeCup HTML Editor

Aplikasi pembuat website secara gratis lainnya adalah CoffeeCup HTML Editor. Namun untuk versi gratisnya sendiri tidak memiliki beberapa fitur, seperti Image Mapper, Visual Editor, Website Color Schemer dan CSS Menu Designer. Akan tetapi, Anda dapat membuat tampilan sebuah blog yang menarik dengan memanfaatkan aplikasi CoffeeCup HTML Editor ini.

5. WordPress

Software lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat sebuah website adalah WordPress. Seperti kita ketahui, wordpress memiliki 2 jenis yaitu wordpress instan dan wordpress install / CMS. WordPress instan bisa kita manfaatkan untuk membuat blog langsung dari situs wordpressnya itu sendiri dengan cara mendaftarkan akun Anda di sana. Sedangkan wordpress install sendiri bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah website dengan cara mengunduh aplikasinya terlebih dahulu lalu menginstalnya dan mulai merancang website.

6. PageBreeze

Software ini adalah software editor HTML yang menekankan kesederhanaan dalam pembuatannya. Kesederhanaan disini berarti aplikasi ini lumayan agak mudah untuk dijalannkan. Software ini gratis dengan ukuran file 8 Mb. Keunggulan software membuat website ini adalah support untuk jenis HTML baru. Terdapat pemilahan antara berbagai tag dalam kode html. Terhubung otomatis dengan ratusan template gratis yang dapat digunakan. Untuk menggunakannya hanya dengan sistem operasi windows 32 maupun 64-bit.

7. Bluefish Editor

Bluefish hadir sebagai alat yang kuat untuk digunakan oleh programer dan webdevelovers. Selain sebagai alat tulis untuk mendesign website. BlueFish juga dapat berguna sebagai tempat penulisna bahasa pemograman yang lain. Oleh karena itu BlueFish mendukung berbagai bahasa pemograman dan bahasa makrup. Software ini dapat berjalan diberbagai sistem operasi, seperti Linux, Windows, MAC OS, FreeBSD, Solaris dan OpenBSD.

8. KompoZer

KompoZer adalah sebuah aplikasi untuk membuat dan mendesign web dengan mengkombinasikan menajemen file dan memenuhi kriteria WYSIWYG untuk mengedit halaman web. Untuk menggunakannya tidak perlu mengetahui banyak tentang HTML dan web coding. Cukup menggembirakan karena kebanyakan orang ingin membuat web tapi tidak banyak mengetahui HTML secara banyak. Ringkasan tentang fitur yaitu terdapat FTP situs manager, Tab, CSS editor, tollbar, markup cleaner, resize tabel dan lain-lain.

Diatas adalah 8 dari banyaknya sofware yang bisa Anda gunakan. Membuat website tidak semudah seperti Anda membuat akun Facebook. Website harus disesuaikan dengan fungsinya, simpel dan juga interaktif. Anda juga harus mengetahui apa itu Web Statis dan Web Dinamis agar Anda tidak salah dalam mengelola website.

Website sangat cocok digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, karena orang jaman sekarang lebih dahulu searching di internet daripada mencari barang di toko-toko sekitar. Anda bisa mengoptimalkan pembuatan website serta pengelolaannya kepada kami melalui tim WebDesign HeroSoftMedia. Bersama kami bisnis Anda akan semakin mendapatkan tempat dihati konsumen Anda dan dengan otomatis pendapatan Anda akan bertambah.