Promosi Gratis Bisnis Lokal Dengan Google Plus

1 Comment

Sejak 2011, Google telah meluncurkan sebuah platform social network yang dinamakan Google+ (dibaca “Google Plus”). Google+ kemudian berkembang dan tidak hanya menjadi media social seperti halnya Facebook, Twitter, atau Instagram, tapi juga menjadi suatu platform yang terhubung dengan layanan-layanan Google lainnya seperti Google Maps, Gmail, YouTube, Blogger, dan sebagainya. Jumlah pengguna Google+ aktif saat ini telah mencapai lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia, terbesar kedua setelah Facebook.

Seperti layaknya media sosial lain seperti Facebook atau Twitter, Google+ banyak digunakan untuk keperluan pribadi dengan berinteraksi dengan teman, keluarga, atau kolega. Tapi sebenarnya Google+ juga memberikan fasilitas untuk keperluan bisnis, yaitu dengan laman Google+ (atau Google+ Page).

Google+ Page ini fungsinya hampir mirip dengan Facebook Page. Keduanya juga sama-sama gratis untuk digunakan. Hanya saja dengan kelebihannya yang terkoneksi dengan berbagai layanan Google yang lain memberikan nilai lebih untuk Google+ Page.

Google Plus Lokal

Bagi bisnis berskala lokal maupun UKM, laman Google+ menjadi daya tarik tersendiri karena bisa ditargetkan sebagai laman Google+ lokal. Sehingga pencarian-pencarian yang berdasarkan lokasi di search engine Google maupun jaringan Google lainnya akan ditampilkan untuk lokasi yang dimaksud atau berdekatan. Sebagai contoh, bisnis seperti restoran, kafe, hotel, tempat hiburan, sekolah / lembaga pendidikan, bidang jasa, dan sebagainya, umumnya berskala lokal dan dianjurkan untuk memiliki laman Google+ lokal  karena memiliki fitur yang memungkinkan pelanggan untuk terhubung dengan lokasi fisik bisnis tersebut dengan mudah. Misalnya, Google+ lokal mencantumkan peta lokasi bisnis dan menampilkan alamat, nomor telepon, serta jam operasionalnya.

 

Berikut langkah untuk membuat laman Google+ lokal untuk bisnis Anda:

  1. Masuk ke Google+ (Anda perlu membuat profil Google+ jika belum memilikinya).
  2. Klik Laman di bawah Beranda di sebelah kiri.
  3. Klik tombol Buat laman di kanan atas.
  4. Pilih kategori Bisnis Lokal atau Tempat.
  5. Masukkan nama atau alamat bisnis Anda dan pilih bisnis anda jika muncul di menu drop-down.
    1. Jika bisnis Anda tidak tercantum di menu, klik “Tidak, ini bukan bisnis saya” atau “Saya telah memasukkan bisnis dengan benar”. Lalu Anda akan diminta memasukkan beberapa detail bisnis Anda. Pastikan Anda memasukkan alamat jalan yang lengkap dan akurat, serta nomor telepon yang terhubung langsung dengan bisnis Anda.
    2. Setelah Anda melengkapi informasi bisnis, klik Kirim.
  6. Selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan verifikasi alamat bisnis anda. Ada 2 cara untuk melakukan verifikasi ini yaitu dengan kartu pos atau melalui telephone.

 

Beberapa tips penting untuk memaksimalkan promosi bisnis anda di Google+:

  1. Jangan lupa juga untuk melengkapi data-data profil bisnis di Google+ Page anda, seperti alamat situs, jam operasional, deskripsi usaha, serta foto-foto pendukung.
  2. Usahakan untuk meminta pelanggan memberikan review atau testimoni yang positif di halaman Google+ Page anda. Karena hasil review ini juga akan ditampilkan di laman Google+ lokal, Google Maps dan juga listing Google Search.
  3. Aktiflah melakukan posting yang bermanfaat dan menyapa para pengikut halaman Anda. Seperti layaknya media sosial yang lain, posting-posting yang aktif dan bermutu akan lebih disukai dan mengundang banyak pengikut serta meningkatkan performa laman Google+ anda.

More from our blog

See all posts
1 Comment
    • Jogja Outdoor
    • 09/12/2014

    artikel bermanfaat

 

Leave a Comment