Poin-Poin yang Harus Anda Lakukan dalam Memulai Bisnis Online

No Comments

Saat ini orang-orang sedang dimanjakan dengan teknologi di kehidupan sehari-hari. Sudah banyak industri yang beralih dari offline ke online, ada juga yang menjalankan keduanya. Industri yang paling terlihat perubahannya adalah di bidang perdagangan. Orang-orang tak perlu bersusah payah melakukan tatap muka dengan pembeli.

Namun sebelumnya, kira-kira jika Anda akan memulai bisnis online, apa yang Anda inginkan? Mungkin Anda sempat berpikir “Bisnis apa yang cocok?”. Nah jika begitu hal itu termasuk dalam poin-poin yang akan kami bahas.

Berikut adalah poin-poin penting untuk memulai sebuah bisnis online :

  1. Ide bisnis

Ide bisnis adalah sekumpulan pemikiran yang ada hubungannya dengan bisnis. Dan ide ini masih didalam pemikiran Anda. Ide bisnis bisa bersumber dari mana saja. Ada yang muncul dalam suatu kondisi,  ada juga yang muncul secara spontan. Buatlah daftar untuk ide yang muncul, tulislah sehingga Anda tidak lupa. Jika sudah merasa ide cukup terkumpul, saringlah ide tersebut dan pilih menjadi beberapa saja.

  1. Produk

Setelah Anda mempunyai ide bisnisnya, tentunya Anda juga harus mengetahui produk yang akan dipasarkan seperti apa. Pilihlah produk yang bisa ditawarkan ke pasar untuk digunakan, dikonsumsi dan banyak dicari masyarakat.

  1. Persona pembeli

Ide bisnis dan produk sudah ditemukan, hal selanjutnya adalah persona pembeli. Persona pembeli adalah representasi gambaran customer dari riset pasar. Jika berbicara tentang persona pembeli, Anda juga harus mengetahui faktor apa yang digunakan dalam mengambil keputusan. Dengan mengetahui persona pembelu, Anda bisa mendapatkan gambaran untuk menghubungkan persona pembeli dengan produk yang akan jual.

  1. Strategi

Apa jadinya sebuah bisnis jika tak memiliki strategi. Tentunya akan berantakan bukan? Selain berfungsi untuk mengarahkan bisnis Anda, hal in ijuga akan membuat Anda bersiap menghapi kondisi yang terburuk. Perlu diingat, Anda harus berhati-hati dalam memilih strategi untuk bisnis online Anda.

  1. Modal

Yang terakhir adalah modal. Jika bicara tentang bisnis offline tentunya Anda memerlukan modal yang cukup banyak. Dalam berbisnis online juga membutuhkan modal, yang pastinya akan mendapatkan keuntungan yang besar untuk Anda. Maka dari itu jangan menjadikan modal yang sedikit sebagai penghalang dalam memulai bisnis online.

Setelah membaca dan memahami poin-poin diatas ini artinya Anda sudah siap untuk berbisnis online bukan? Berbisnis online itu mengasyikan jika Anda sudah mempunyai niat dan membuka jalan untuk meraih kesuksesan.

More from our blog

See all posts
No Comments