Persaingan Bisnis? Jangan Takut, Ikuti Strategi Pemasaran Ini!

No Comments

Apa itu persaingan bisnis? Persaingan bisnis merupakan sebuah kompetisi antara para penjual yang sama-sama berusaha ingin mendapat keuntungan, pangsa pasar, serta jumlah penjualan yang tinggi. Persaingan bisnis ini sudah menjadi sesuatu yang wajib dalam berbisnis pelaku bisnis termasuk pelaku bisnis online. Sekarang apakah Anda sudah siap menghadapi persaingan bisnis yang sudah semakin ketat ini?

Dengan semakin lajunya pertumbuhan dalam bidang bisnis online, apakah Anda sudah memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk menghadapinya? Strategi yang akan membuat bisnis online Anda tetap hits di antara pesaing bisnis Anda. Jika Anda belum memilikinya maka Anda akan tenggelam di lautan yang berisi pesaing-pesaing bisnis Anda. Tidak ingin hal itu terjadi bukan? Pelajari tips-tips berikut untuk menjual produk online Anda!

Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan Bisnis:

  1. Social shopping

Metode berbisnis online dimana dalam penjualannya memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Melalui social shopping ini, peluang terbuka lebar bagi Anda. Anda bisa menggunakan media sosial sebagai toko Anda, sehingga tidak perlu membuka platform bisnis online. Dengan media sosial, Anda hanya perlu bergabung bersama forum-forum besar untuk menawarkan produk atau jasa Anda. Pengguna media sosial pun dari tahun ke tahun diketahui meningkat pesat. Semakin besar bukan peluang untuk mengembangkan bisnis online Anda?

  1. Flash sale dan diskon

Dua strategi pemasaran ini sudah sering dijalankan oleh para pebisnis untuk menjual produk mereka. Namun kedua jurus ini terbukti ampuh. Dengan menerapkan flash sale dan diskon, bisnis online Anda akan mengalam kemajuan dan berkembang dengan pesat. Mengapa demikian? Flash sale merupakan konsep sederhana dengan memberikan penawaran diskon atau potongan harga yang cukup tinggi dalam jangka waktu tertentu. Konsumen akan merasa tergiur dengan penawaran semacam ini. Semakin tinggi diskon yang Anda tawarkan maka akan semakin tinggi pula minat konsumen terhadap apa yang Anda tawarkan.

  1. Click to brick

Click to brick merupakan sebuah model bisnis dimana perusahaan terintegrasi secara online dan offline. Jadi bisnis ini dijalankan secara online dan offline. Pelaku bisnis ini dapat menjual barangnya secara langsung di toko dan secara tidak langsung melalui toko online. Jika Anda baru saja membuka usaha, metode ini bisa dibilang tidak cocok untuk Anda jalankan. Karena dalam penjualan secara offline pastilah dibutuhkan sebuah toko atau kantor sebagai tempat penjualan.

  1. ReCommerce

Di internet sudah banyak yang melakukan jual beli barang bekas. ReCommerce sendiri akan menjadikan Anda lebih inovatif dalam mencipatakan sesuatu. Anda bisa saja menjual barang bekas yang Anda miliki melalui toko online. Bukankah sekarang ini sudah banyak toko online yang tidak hanya menjual barang baru saja melainkan barang bekas juga? Ayo segera manfaatkan peluang besar ini melalui reCommerce.

Bagaimana? Sudah mendapat gambaran untuk membangun bisnis online Anda?

Setelah Anda mendapat gambaran bagaimana cara menjual produk, sekarang saatnya bagi Anda belajar beberapa strategi untuk menghadapi pesaing-pesaing bisnis Anda! Untuk menghadapi persaingan, Anda perlu mengetahui kekuatan serta kemampuan kompetitor sehingga Anda bisa menyusun strategi yang tepat. Selain itu, Anda bisa mengambil banyak pelajaran dari para kompetitor. Anda dapat meniru langkah yang mereka tempuh sehingga menjadi sukses. Menurut Marketing Communications Manager dari Volusion’s, Matt Win, Anda harus lakukan beberapa hal berikut:

  • Buat list kompetitor

Untuk langkah pertama, Anda bisa membuat daftar siapa saja sih kompetitor di bidang usaha Anda. Anda bisa mengelompokkannya sesuai kategori yang Anda inginkan. Kemudian, lakukan investigasi kecil terhadap kompetitor seperti latar belakang, sejarah, serta sistem yang mereka gunakan. Dengan mengetahui sedikit informasi tersebut, Anda bisa mendapat gambaran bagaimana langkah yang akan Anda ambil.

  • Kunjungi website kompetitor

Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa mengunjungi website kompetitor dan melakukan identifikasi terhadap website tersebut. Dengan langkash ini, Anda dapat mendapatkan gambaran mengenai produk, promo, harga, dan usaha branding mereka.

  • Coba subscribe email dan media sosial kompetitor

Melalui langkah ini, Anda akan mendapat pelajaran mengenai bagaimana cara kompetitor menentukan harga dan  melakukan promosi. Anda bisa memelajari kata-kata promosi sehingga menarik konsumen untuk membeli produk Anda.

 

Ingin situs web Anda berada di halaman pertama pencarian Google? HeroSoftMedia solusinya. HeroSoftMedia merupakan Digital Marketing Agency sebagai Google Partner pertama di Jawa Tengah. HeroSoftMedia akan membantu menyusun strategi marketing yang tepat sasaran untuk bisnis online Anda. Ada ratusan UKM hingga perusahaan internasional yang telah bergabung. Kini giliran Anda untuk bergabung dan menuju tak terbatas.

Mataram Plaza B-1 MT Haryono 427-429, Semarang, Indonesia

024 3518888

marketing@herosoftmedia.com

 

More from our blog

See all posts
No Comments