Perbandingan SEO vs Adwords – Mana Lebih Baik?

1 Comment

Banyak yang menanyakan pada saya mana yang lebih baik untuk promosi website, SEO atau Adwords?
Pertanyaan ini gampang-gampang susah untuk dijawab. Tapi disini saya kan mencoba menjelaskan kelebihan (dan kekurangan) masing-masing supaya anda dapat menyimpulkan mana yang lebih baik sebagai media untuk promosi bisnis online anda.

1. Usia (domain) Website
Secara umum website/blog yang masih bayi (usia domainnya dibawah 6 bulan) tidak dianjurkan untuk diSEOkan secara agresif. Sebenarnya kita bisa (dan sebaiknya) mengoptimasi web/blog anda secara konten (on page).  Tapi hindari untuk melakukan link building secara berlebihan. Khususnya untuk kata kunci yang terlalu kompetitif. Karena teknik link building secara masal apalagi blackhat SEO dengan link-link berbau spam, justru bisa menyebabkan web anda terkena penalty (sandbox/deindex) oleh mesin pencari Google.

Nah untuk website/blog yang usianya masih baru seperti ini, promosi dengan Google Adwords lebih tepat. Karena tidak ada pengaruh tentang usia domain terhadap iklan Adwords.

2. Posisi Iklan / Ranking
Posisi Iklan Adwords umumnya berada di bagian atas atau samping dari halaman Google Search. Sehingga iklan Adwords memang umumnya juga lebih mudah terlihat dibandingkan hasil pencarian organik (hasil dari SEO).
Lihat screenshot berikut ini untuk lebih jelasnya

perbandingan seo dan adwords

 

 

 

 

 

 

 

3. Jumlah Target Kata Kunci
Umumnya target kata kunci untuk SEO cukup terbatas. Biasanya hanya berkisar maksimal 3-5 kata kunci per halamannya. Lebih dari itu justru biasanya akan membuat proses optimasi tidak terfokus sehingga hasilnya justru tidak maksimal. Jadi anda harus pintar-pintar memilih target kata kunci yang paling potensial untuk di-SEO-kan. Agency SEO yang baik biasanya selalu membantu mencarikan (riset) target kata kunci yang potensial untuk kliennya.

Sedangkan untuk iklan Adwords praktis target kata kunci tidak terbatas. Anda bisa mendaftarkan puluhan hingga ratusan kombinasi kata kunci sekaligus. Selama budget iklan harian belum habis, iklan anda berpotensi tampil untuk pencarian dengan berbagai kata kunci yang telah didaftarkan tersebut. Jadi untuk faktor ini iklan Adwords memang lebih fleksibel.

Misalnya website anda adalah toko online yang berjualan pakaian wanita. Untuk SEO anda bisa mentargetkan kata kunci potensial seperti “grosir baju wanita” atau “baju korea”.
Sedangkan untuk iklan Adwords anda bisa mengkombinasikan dengan berbagai kata kunci lainnya seperti “grosir pakaian wanita”, “butik baju wanita”, “jual baju korea”, “baju import murah”, dan sebagainya.

4. Masa Pengerjaan Hingga Hasil
Untuk proses pengerjaan tentunya iklan Adwords jauh lebih singkat karena praktis begitu iklan anda selesai dibuat, dalam waktu maksimal 24 jam biasanya iklan anda akan mulai ditayangkan.

Sedangkan untuk SEO proses pengerjaan bisa memakan waktu hingga 3 bulan, tergantung pada tingkat kompetisi kata kuncinya.

5. Biaya dan Masa Tayang Iklan
Iklan Adwords sistemnya lelang Pay-Per-Click. Jadi biayanya tergantung dari jumlah dan harga per kliknya. Tapi iklan Adwords bisa dibatasi dengan budget harian, supaya biaya yang dibayarkan tidak melebihi anggaran anda.

Biaya SEO tergantung pada kompetisi (tingkat persaingan) dari kata kuncinya. Semakin kompetitif kata kunci yang ditarget, makin tinggi tingkat kesulitannya, otomatis makin tinggi pula biayanya. Hindari memilih kata kunci yang terlalu umum, karena biasanya tingkat persaingannya terlalu tinggi.

Dengan Adwords bila budget iklan anda sudah habis maka iklan akan berhenti ditayangkan. Sedangkan listing organik (dengan SEO) maka website anda akan tetap tampil di hasil pencarian Google (dengan catatan SEO tetap dijaga dan tidak ada perubahan algoritma Google yang signifikan).

Semoga perbandingan diatas bisa membantu anda memutuskan mana yang terbaik untuk promosi website anda.
Tim profesional kami siap membantu anda untuk meningkatkan bisnis anda melalui promosi yang tepat secara online.

More from our blog

See all posts
1 Comment
    • Denie
    • 27/11/2013

    Terima kasih untuk artikelnya, lumayan buat nambah wawasan soal keyword

 

Leave a Comment