Pengguna Internet di awal Tahun 2017 meningkat 51%

No Comments

Jumlah transaksi jual beli online yang terus meningkat drastis dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa bisnis online akan semakin berkembang, dan diperkirakan trend positif ini akan terus berlanjut selama lima tahun ke depan. Data dan fakta mengenai semakin meningkatnya jumlah transaksi online membuat banyak pebisnis yang mulai beralih ke dunia bisnis online. Dari data yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Indonesia sekarang ini sudah menjadi salah satu raksasa bisnis online atau eCommerce di wilayah bagian Asia Pasifik. Dalam lima tahun terakhir, terhitung sejak tahun 2011, bisnis online terus berkembang pesat. Berikut ini akan diulas mengenai berita seputar pencapaian transaksi online Indonesia.

 

Nilai Transaksi Online Pada Awal Tahun 2017

Tahun 2016 sudah berakhir. Di awal tahun 2017 ini, Menkominfo merilis data bahwa nilai transaksi online di Indonesia selama tahun 2016 mencapai angka US$ 4,89 miliar, atau setara dengan Rp. 68 triliun. Angka ini tentunya masih merupakan angka perkiraan, karena menghitung setiap transaksi online di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Tapi angka US$ 4,89 miliar yang didapat selama 2016 ini jauh lebih tinggi daripada jumlah total transaksi pada tahun 2015 yang sebesar US$ 3,56 miliar.

 

Peningkatan Jumlah Konsumen Dalam 5 Tahun Terakhir

Tak hanya dalam hal jumlah transaksi, jumlah pembeli online di Indonesia juga meningkat pada 2016 lalu, dan menempati peringkat tertinggi selama lima tahun terakhir ini. Per Desember 2016, terdapat 8,7 juta konsumen yang bertransaksi di toko online, jumlah ini meningkat sangat pesat dibandingkan dengan jumlah konsumen pada tahun 2015 yang hanya sebesar 7,4 juta konsumen. Kemenkominfo memprediksikan bahwa pada tahun 2017, bila melihat dari trend peningkatan jumlah konsumen dari 5 tahun sebelumnya, diprediksikan akan mencapai angka 9,3 juta konsumen.

 

Faktor Pendorong Terjadinya Peningkatan Secara Pesat

Peningkatan jumlah transaksi online dan pembeli yang berbelanja di toko online ini salah satunya dikarenakan terus meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Pada tahun 2014 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta pengguna. Pada tahun 2015 terus meningkat hingga mencapai 93,4 juta pengguna internet, dan pada tahun 2016 kembali meningkat menjadi 100,1 juta pengguna internet.

 

Target dan Prediksi Bisnis Online Beberapa Tahun Ke Depan

Menkominfo Rudiantara menargetkan, pada tahun 2020 bisnis eCommerce akan menembus nilai hingga US$ 130 miliar. Sementara menurut eMarketer, penjualan ritel eCommerce di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 5,29 miliar pada tahun 2017 nanti. Pertumbuhan yang secara signifikan ini tak lepas dari semakin banyaknya ‘pemain’ asing yang ikut meramaikan bisnis eCommerce di Indonesia karena melihat  perkembangan trend di internet yang positif dari tahun ke tahun

[easy-share counters=1 counter_pos="inside" native="no" hide_total="yes" fullwidth="yes" fullwidth_fix="100"]

More from our blog

See all posts
No Comments