Artikel

Panduan Mempersiapkan Toko Online Kamu Menuju HarBolNas

HarBolNas merupakan kepanjangan dari Hari Belanja Online Nasional dan merupakan pesta diskon belanja obline terbesar di akhir tahun. Event Harbolnas ini diadakan untuk mendorong serta mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online.

Telah diadakan beberapa kali terbukti Hari belanja online nasional ini mampu menaikkan omset penjualan secara segnifikan, baik dari e-Commerce Besar maupun UMKM. Hal ini tentu sangat menggiurkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaku bisnis. Namun sebelum anda ingin memulai mengikuti HarBolNas ada baiknya anda melakukan berbagai persiapan seperti di bawah ini agar penjualan toko online lancar dan sukses.

Berikut ini beberapa hal dasar yang harus anda persiapkan sebelum mengikuti HarBolNas:

  1. Lakukan Riset Pasar – Anda dapat melakukan riset pasar dengan melihat data dari penjualan anda pada tahun sebelumnya. Atau jika anda tidak memiliki data penjualan ada dapat melakukan sediit trik dengan menganalisa website kompetitor atau yang sejenis dengan produk yang anda jual untuk melihat trend penjualan mereka.
  2. Tentukan Program Promo – Setelah melakukan riset pasar anda harus membuat sebuah promo yang menarik berdasarkan data riset yang anda dapatkan. Susun strategi untuk menarik pembeli agar mau belanja lebih banyak.
  3. Persiapkan Stock Barang – Mempersiapkan stok barang yang siap dijual merupakan poin yang sangatlah penting. Perhatikan jumlah, kelengkapan, distribusi agar pembeli tidak menunggu terlalu lama setelah berbelanja di toko online anda.
  4. Modifikasi Website Anda – Modifikasi yang dimaksud adalah menambahkan serba-serbi HarBolNas yang telah anda buat di dalam website. Anda dapat menambahkan baner promosi di dalam website untuk memberikan informasi promo yang anda sediakan.
  5. Persiapkan Tim – Bagian yang paling penting adalah siapkan Tim Anda, Toko online kamu akan sibuk melayani orderan yang melonjak, namun dengan persiapan tim yang matang, maka akan mempercepat proses belanja dari toko online anda.
  6. Lakukan Promosi – Dengan melakukan promosi anda dapat memberi tahu calon pembeli anda tentang promo apa yang akan anda berikan pada HarBolNas kali ini.

Lima hal dasar di atas akan sangat membantu anda saat ingin mengikuti HarBolNas, Dari 6 poin di atas ada 1 faktor penting yang wajib anda lakukan yaitu poin nomor 6. Anda dapat melaukan promosi dengan menggunakan media online seperti FbAds, Google Ads, Instagram Ads. Mengapa menggunakan 3 media iklan tersebut?? Karena 3 media tersebut memiliki jangkauan paling luas sehingga sangat berpotensial meningkatan penjualan anda berkali-kali lipat jika anda melakukan promosi meggunakan 3 media tersebut.