Mengapa Iklan Google AdWords Saya Tidak Muncul?

No Comments

Anda telah memasang iklan Google AdWords, namun tidak dapat menemukan iklan anda sendiri melalui pencarian di mesin pencari Google?

Kenapa iklan Adwords saya tidak muncul?

Jangan panik dulu, ada beberapa hal umum yang dapat menjadi penyebabnya.

Beberapa alasan kenapa anda tidak melihat iklan anda:

1. Setting Pentargetan Pengunjung

Google AdWords memiliki fitur pentargetan yang spesifik seperti berdasarkan lokasi, jenis perangkat (device), demografi pengunjung (usia, jenis kelamin), dan sebagainya. Jadi jika profil anda sendiri tidak termasuk dalam kategori pentargetan iklan anda, tentunya anda tidak akan melihat iklan tsb.
Misalnya jika anda berada di luar lokasi target iklan, atau anda menggunakan mobile phone untuk mencari iklan, padahal iklan anda hanya ditujukan khusus untuk pengguna desktop/laptop.


2. Status Iklan

Status iklan anda mungkin masih dalam pending review (menunggu persetujuan dari tim Google). Beberapa jenis iklan tertentu membutuhkan waktu untuk persetujuan manual dari tim review Google. Manual review dapat memakan waktu hingga 2-3 hari.
Pastikan juga bahwa iklan anda dalam posisi aktif dan tidak di-pause.


3. Status Billing / Pembayaran

Status pembayaran anda mungkin masih menunggu persetujuan, atau belum diterima oleh pihak Google. Atau pastikan jika anda masih memiliki kredit pembayaran yang cukup (untuk sistem pembayaran prepaid/manual)


4. Terlalu Banyak Percobaan Pencarian

Bila anda berulangkali melakukan pencarian kata kunci / bisnis anda sendiri di Google tanpa melakukan klik, anda mungkin berhenti melihatnya setelah beberapa saat. Itu karena sistem Google mengenali komputer Anda dan menghentikan penayangan iklan yang berpikir Anda tidak tertarik  atas iklan tersebut. Itu juga upaya Google untuk melindungi performa iklan anda. Untuk penjelasan resmi selengkapnya disini https://support.google.com/adwords/answer/1704364?hl=en


5. Budget Yang Terlampau Kecil

Anda dapat menentukan sendiri budget dalam beriklan Google AdWords. Namun perlu diperhitungkan antara budget dengan “kepopuleran” (tingkat pencarian dari publik).
Jika budget anda terlampau kecil padahal pencarian terhadap produk/bisnis anda cukup besar bisa saja budget harian anda sudah habis di tengah hari. Bila hal itu terjadi pertimbangkan untuk menambah budget untuk menjangkau pengunjung lebih banyak lagi.


6. Tingkat Persaingan dan Posisi Iklan

Jika tingkat persaingan kata kunci terlalu tinggi, posisi iklan anda mungkin tidak selalu muncul di halaman pertama Google. Hal ini karena Google AdWords menggunakan sistem bidding (lelang) dalam penentuan posisi iklan yang mempertimbangkan antara angka kualitas iklan dengan tawaran biaya klik maksimal.

Umumnya semakin tinggi tingkat persaingan dan posisi iklan, biaya per kliknya umumnya makin tinggi pula. Sistem kami berusaha menyeimbangkan agar anda mendapatkan hasil jumlah pengunjung yang maksimal dengan budget iklan yang ada.

7. Waktu Pengecekan

Secara default Google AdWords membagi budget bulanan anda merata menjadi budget harian (kecuali ada pengaturan manual dalam setting hari/waktu). Sehingga jika anda melakukan pengecekan iklan di malam hari, ada kemungkinan budget harian anda sudah habis sehingga iklan anda tidak muncul. Namun iklan akan dimunculkan kembali keesokan harinya dengan budget harian yang kembali penuh. Jika diinginkan jam penayangan iklan dapat ditentukan secara manual.

Secara umum sistem kami mengusahakan agar penayangan iklan anda muncul secara merata sepanjang mungkin tiap harinya. Namun jika besaran budget tidak sebanding dengan tingginya pencarian, budget iklan kemungkinan tidak dapat menjangkau sepanjang hari.


Cara terbaik untuk melihat / cek iklan AdWords
anda adalah dengan menggunakan “Ad Preview Tool”.

Berikut sumber resmi penjelasan dari Google:
https://support.google.com/adwords/express/answer/1692504?hl=en

Silakan diskusikan dengan team kami untuk meningkatkan performa iklan Google AdWords anda.

 

 

More from our blog

See all posts
No Comments
     

    Leave a Comment