Artikel, Bisnis Online, Blog

Mengapa Bisnis dan Website Anda Perlu Bukti Sosial?

Berdasarkan Unbounce.com, social proof atau bukti sosial adalah pengaruh positif yang dihasilkan ketika seseorang menemukan ada orang lain yang juga melakukannya. Memasukkan bukti sosial ke iklan Anda dalam bentuk testimoni, ulasan pembeli, segel resmi, atau sertifikat penghargaan adalah cara yang sangat baik dilakukan untuk menarik perhatian, meningkatkan kredibilitas, dan mengendalikan konversi.

Bukti sosial merupakan dorongan keyakinan tentang bisnis, produk, atau penawaran Anda. Menggunakan bukti sosial dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis Anda. Ada berbagai jenis bukti sosial yang dapat Anda gunakan, jenis bukti sosial tersebut antara lain:

Ahli dalam industri, yaitu individu yang telah dikenal dengan baik oleh masyarakat. Misalkan, Anda adalah seorang konsultan SEO dan Anda mendapatkan promosi (endorse) pada website Anda dari seseorang yang dikenal sebagai ahli SEO, maka pengunjung website Anda akan merasa terdorong untuk mengetahui dan tertarik mencoba layanan Anda.

Selebriti, yang memang cukup sulit untuk mendapatkan promosi darinya tetapi jika Anda memperoleh promosi dari seorang public figure yang telah dikenal baik, maka secara perlahan bisnis Anda akan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Biasanya bisnis dengan brand yang sudah terkenal seperti Nike, Dove, BMW, dan lain-lain lebih mudah memanfaatkan peluang tersebut karena biaya yang harus mengeluarkan untuk menyewa jasa seorang selebriti memang sangat besar.

Brand yang telah dikenal oleh para pelanggan, khususnya bagi Anda perusahaan B2B dapat menggunakan bukti sosial jenis ini. Karena ,siapa yang tidak akan percaya jika melihat ada ulasan atau testimoni yang positif tentang pelayanan Anda dari pelanggan yang telah lama menggunakan dan percaya dengan bisnis Anda? Terlebih lagi jika pelanggan Anda memiliki brand yang juga terkenal, maka Anda cukup mencantumkan logo bisnis mereka pada website Anda.

Rekan bisnis, ini juga tidak dapat diabaikan karena memiliki tingkat efektifitas yang sama dengan jenis bukti sosial yang lain. Jika Anda mendapatkan promosi dari rekan bisnis yang terkait dengan bisnis Anda, masyarakat akan percyaa bahwa produk atau layanan Anda akan memberikan solusi yang tepat bagi mereka sebaik rekan bisnis Anda yang telah merasakan manfaat penawaran iklan Anda.

Kembali pada pertanyaan awal, mengapa bisnis dan website Anda perlu bukti sosial? Tentu saja untuk mendapatkan kepercayaan publik, tetapi selain itu juga untuk memberikan alasan bagi konsumen Anda untuk memilih brand Anda dibandingkan yang lainnya, produk atau layanan Anda berkualitas, dan mampu memenuhi harapan konsumen sehingga mereka juga akan merekomendasinya kepada orang lain.

Selain untuk konsumen, bukti sosial juga diperlukan untuk meyakinkan para supplier dan distributor Anda agar citra dan reputasi perusahaan Anda dianggap terpercaya sehingga mereka tidak ragu dalam mempromosikan, menyediakan produk Anda di toko, atau mendistribusikannya ke konsumen.

Tujuan akhir Anda bukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen saja, tetapi juga menciptakan kepuasan (customer satisfaction). Yang berarti promosi Anda tidak selalu berfokus pada penawaran produk atau jasa dengan kualitas yang terbaik tetapi juga menciptakan kepercayaan demi hubungan yang baik dengan konsumen. Inilah yang menentukan keberlangsungan bisnis Anda ke depannya.