menentukan goal email marketing
Email Marketing

Bagaimana Menentukan Goal Dari Email Marketing?

Email marketing merupakan salah satu cara promosi yang cukup ampuh. Saat ini hampir semua marketplace atau website, pasti memakai strategi ini, untuk membuat strategi ini sukses, tentunya anda harus memiliki marketing goals. Apa saja hal yang harus dilakukan, supaya email tersebut tepat sasaran dan bisa meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, anda tidak hanya butuh email list saja. Tapi ada plan lain yang bisa anda gunakan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

 

Tentukan audiens

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan audiens. Ke siapa email tersebut akan dikirimkan. Hal ini harus sesuai dengan tujuan email marketing anda. Apakah untuk membagikan konten, menginformasikan promo, menarik pelanggan, dan masih banyak lainnya. Pastikan email tersebut tepat sasaran. Misalnya anda perusahaan yang bergerak di bidang fashion wanita, tapi anda memberikan email ke audiens pria. Maka hal ini tidak tepat sasaran dan akhrinya pembaca email tidak memberikan feedback. Atau mungkin akan dijadikan spam belaka.

 

Perbanyak list email

Ini sangat penting untuk dilakukan. Tanpa adanya list email, strategi anda akan sia-sia saja. Oleh karena itu perbanyak list email. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan menawarkan sign up. Jika pembaca sign up di website anda, maka akan memperoleh potongan harga atau promo. Ini akan membuat pelanggan, semakin tertarik untuk mendaftarkan emailnya. Akhirnya akan semakin banyak list email yang anda miliki. Tentunya hal itu, juga harus disesuaikan dengan target pembacanya.

 

Buat konten yang menarik

Kalau sudah banyak yang sign up, tapi konten yang anda berikan tidak menarik. Akhirnya pembaca akan me-unsubscribe email anda. Untuk membuat email marketing semakin efekti,. Anda harus membuat konten yang menarik. Konten yang bermanfaat untuk pembaca. Misalnya membuat tips dan trik, informasi diskon, event perusahaan dan lainnya.

 

Tentukan jadwal pengiriman

Jadwal pengiriman ini bisa disesuaikan dengan tujuan anda. Bisa harian, mingguan atau bulanan. Jika dikirim setiap hari, mungkin akan dianggap spam oleh pembaca, sehingga mereka memilih untuk unsubscribe. Lebih baik untuk mengirim mingguan. Misalnya 2 kali dalam seminggu. Ini akan membuat pembaca tetap nyaman. Kalau anda mengirim secara bulanan, mungkin pembaca akan mudah lupa, kalau pernah subscribe konten tersebut.

 

Penulisan email

Cara penulisan email marketing juga harus anda perhatikan. Karena ini sangat menentukan kesuksesan dari strategi anda. Tidak hanya membuat konten yang menarik tapi penulisnya juga harus menarik. Jangan buat tulisan yang berbelit-belit dan susah dipahami. Apalagi tulisan yang terlalu panjang, karena pembaca malas untuk membacanya. Cobalah untuk mempelajari storytelling, supaya tulisan anda semakin enak dibaca. Sebelum dikirim, jangan lupa untuk cek tulisan terlebih dahulu.

 

Gunakan Software Email Marketing

Supaya semakin mudah, untuk mengecek strategi marketing anda. Gunakan software marketing. Ini akan membuat anda lebih mudah memantaunya. Anda tahu berapa banyak subscriber yang masuk. Pengaturan jadwal pengiriman dan masih banyak lainnya. Anda pun tak perlu mengirim satu persatu, lebih praktis dan efisien.

Ketika menggunakan email marketing, anda harus tahu tujuan anda terlebih dahulu. Sehingga plannya akan lebih efektif. Jangan sampai email anda dianggap spam dan akhirnya tidak sampai ke targetnya. Oleh karena itu, cara membuat plan diatas sangat penting untuk dilakukan. Sekian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga memberikan informasi yang bermanfaat.