mencuri pelanggan kompetitor
Blog

Lakukan Hal Ini Untuk Mencuri Pelanggan Kompetitor

Mungkin kekuatan yang Anda miliki sudah lebih dari cukup untuk memenangkan persaingan di pasar dengan para kompetitor Anda. Jika boleh kami beri tahu, tidak semua produk atau layanan yang baik di pasar yang akan akan menang. Di satu sisi ada kekurangan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan, di sisi lainnya ada ada hal positif yang bisa Anda berikan meski produk atau layanan Anda bukan yang PALING baik di pasaran. Untuk memenangkan persaingan tersebut, Anda membutuhkan strategi pemasaran yang tepat.

Bukan rahasia lagi bahwa Internet merupakan media untuk pemasaran yang efektif. Jika digambarkan, internet adalah hutan belantara, Anda hanya perlu membangun fondasi (sebuah website) yang tepat agar kerajaan Anda tetap kokoh dan sebagai tujuan.

Website tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mencuri pelanggan para kompetitor Anda. Cara yang harus Anda lakukan cukup mudah untuk mencuri pelanggang kompetitor Anda. Tentunya Anda menginginkannya bukan? Hmm terus baca sampai akhir yaa.

Amati Pasar Dan Kenali kompetitor

Dalam menghadapi kompetitor, terlebih dahulu lihatlah potensi pasar yang ada serta cari tau siapa kompetitor anda yang kompeten saat ini, sehingga anda tidak salah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa kompetitor anda, secara tidak langsung anda dapat menentukan bagaimana cara menghadapinya dengan menyusun beberapa strategi demi kepuasan konsumen. Contoh strategi untuk bersaing dengan kompetitor adalah kita bisa menyediakan jasa atau produk yang belum ada dalam bisnis kompetitor anda.

Menawarkan Harga Yang Bersaing

Memberikan harga yang bersaing bukan berarti anda harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha anda melainkan memberikan keuntungan tersendiri untuk usaha anda, missal dengan memberikan diskon-diskon tertentu sesuai dengan pasaran yang ada dan disesuaikan dengan produk anda. Bisa juga dengan promo-promo yang menarik.

Perlihatkan Keunggulan Pada Produk Anda

Anda harus bisa memperlihatkan keunggulan dari jasa atau produk anda dibandingkan dengan kompetitor anda, misalnya dengan cara mempertahankan kualitas produk atau layanan prima yang selama ini anda tawarkan kepada konsumen, sehingga loyalitas konsumen terhadap produk anda akan semakin meningkat.

Ciptakan Produk Yang Berbeda

Dengan menciptakan produk yang unik dan belum ada dipasaran, maka produk anda memiliki nilai lebih di mata konsumen. Produk yang unik dan berbeda memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka lebih mengenali produk anda dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran. Dengan begitu pelanggan dari kompetitor anda akan tertarik dengan produk anda.

Pelajari Kelebihan Dan Kelemahan Kompetitor Anda

Dengan cara ini anda bisa mengetahui kelebihan apa yang dimiliki kompetitor anda dan memanfaatkan kelemahan kompetitor sebagai peluang untuk memenangkan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan kompetitor anda atau berikan layanan yang tidak disediakan oleh pesaing anda, maka peluang anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka. Misalkan kompetitor anda tidak memiliki layanan pesan antar, anda bisa membuka layanan tersebut asalkan sesuai dengan jenis usaha anda dan nantinya membuat konsumen menjadi lebih mudah untuk menikmati atau menggunakan produk anda.

Buatlah event untuk mempromosikan produk Anda

Cara ini sering digunakan para pelaku usaha karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Adapun tujuannya adalah tak lain adalah memberikan keuntungan tersendiri bagi usaha dalam meningkatkan penjualan dan berlomba memberikan kepuasan terhadap konsumen. Dengan semakin banyak promo, pelanggan kompetitor anda akan mulai tertarik terhadap usaha anda.

Tanggapi Komplain Pelanggan Dengan Baik

Anda harus bisa menanggapi complain pelanggan dan menerima dengan baik kritik dan saran dari pelanggan. Karena kepuasan pelanggan adalah hal yang utama. Dengan begitu pelanggan anda akan tetap suka kepada usaha anda dan akhirnya lari ke kompetitor anda. Dan juga membuat usaha anda lebih baik nantinya.