Memahami Data Umum Google Analytics

No Comments

Untuk mengetahui performa statistik website yang Anda miliki, Anda dapat menggunakan layanan statistik gratis dari Google, yakni Google Analytics. Pada postingan kali ini, kita akan membahas istilah-istilah & data umum yang terdapat pada Google Analytics.

Namun sebelumnya, website harus terpasangkan script Google Analytics terlebih dahulu. Jika website Anda belum terdapat script Google Analytics, Anda dapat review artikel kami sebelumnya mengenai Cara Mendaftar Dan Memasang Google Analytics Pada Website.

Jika Anda sudah login,coba masuk ke menu “Reporting” yang berada dibagian atas tampilan Google Analytics. Dan Anda akan diperlihatkan tampilan pada menu “Audience” -> “Overview”

audience google analytics

Pada  menu “Audience” tersebut akan memperlihatkan data mengenai hal-hal yang berkaitan dengan visitor Anda, mulai dari berapa jumlah new visitor, demographic visitor yaitu usia dan gender, lokasi visitor, operating system yang digunakan dll.

Berikut beberapa istilah penting yang perlu Anda ketahui pada sub menu “Overview” :

Sessions : adalah jumlah visitor yang mengunjungi website Anda / kunjungan (visit). Tiap 1 visitor yang mengunjungi website dihitung 1 sessions. Namun jika visitor tersebut tidak melakukan aktivitas apapun pada website selama 30 menit maka jika dia kembali mengakses website, akan terhitung 2 sessions.

Misal : Anda mengunjungi website herosoftmedia.co.id pada menu Services, lalu tiba-tiba Anda kedatangan tamu yang mengujungi rumah. Anda baru kembali mengakses website herosoftmedia.co.id 40 menit kemudian dan berpindah ke menu Contact, maka Anda sudah terhitung 2 sessions.

Users : adalah visitor yang pernah berkunjung ke website Anda setidaknya sekali.

Misal : Pagi ini Anda mengunjungi website herosoftmedia.co.id, dan nanti malam Anda kembali mengakses website herosoftmedia.co.id, Anda tetap terhitung 1 user.

Pegeviews : adalah total halaman yang dilihat visitor. Jika Anda membuka halaman yang sama secara berulang-ulang tetap akan terhitung pageviews.

Misal : Anda membuka website herosoftmedia.co.id pada halaman Services, kemudian Anda beralih ke halaman Portfolio & Contact, Anda pun kembali ke halaman Services. Maka pageviews yang telah terhitung ada 4.

Pages / sessions : adalah jumlah halaman yang terbuka dalam setiap kunjungan.

Avg. Sessions Duration : adalah lamanya waktu yang digunakan visitor dalam setiap kunjungan website.

Bounce Rate : adalah visitor yang mengunjungi website namun hanya membuka 1 halaman saja dan langsung keluar.

New Seassions : adalah prosentase pengunjung baru pada website.

Dan pada samping  kanan halaman terlihat diagram lingkaran yang menunjukkan prosentase pengunjung baru & pengunjung yang kembali untuk kesekian kalinya.

 

Kembali ke menu sebelah kiri pada tampilan Google Analytics, lalu pilih “Acquisition” -> “Overview” data yang terlihat seperti berikut :

acquisition google analytics

Menu “Acquisition” disini memerlihatkan data bagaimana pengunjung menemukan website Anda. Pengunjung yang menemukan website Anda bisa dari :

Paid Search : adalah orang-orang yang menemukan website Anda melalui iklan pada situs pencarian seperti Google AdWords.

Organic Search : adalah hasil traffic yang berasal dari pencarian murni.

Direct : adalah pengunjung yang sudah mengetahui alamat website Anda dan langsung mengetikkan alamat website tersebut.

Display : adalah traffic yang berasal dari iklan banner.

Referral : adalah pengunjung website yang berasal dari website lain.

Social : adalah orang-orang yang mengunjungi website Anda berasal dari Social Media seperti Facebook, Twitter, Google+ dll.

Lalu jika Anda beralih kembali ke menu sebelah kiri Google Analytics pada bagian “Behaviour” -> “Overview”, data yang terlihat seperti dibawah ini :

behaviour google analytics

Pada menu “Behaviour” diatas menunjukan halaman-halaman mana saja yang sering dilirik oleh visitor. Menu ini berisikan pula data-data perilaku pengunjung/visitor seperti seberapa kecepatan load halaman, apa yang dicari oleh visitor dengan menu pencarian di website Anda, dll.

Jika Anda sudah mengetahui halaman mana saja visitor sering berkutat, itu menandakan informasi yang Anda sampaikan pada halaman-halaman tersebut sudah tersampaikan kepada visitor. Halaman-halaman yang tidak pernah dikunjungi visitor dapat Anda perbaiki kembali.

Istilah-istilah & data umum diatas merupakan tahap dasarnya saja dalam memahami laporan Google Analytics. Karena sebenarnya masih banyak lagi yang lain yang dapat dipahami seperti analisa Goal/conversion, analisa funnel, dsb.

 

Selamat mempelajari~

More from our blog

See all posts
No Comments
     

    Leave a Comment