Mekanisme Antikythera?? Apa itu?

No Comments

Hari ini Google Doodle memeringati penemuan Mekanisme Antikythera. Apa sih itu Mekanisme Antikythera yang diperingati oleh Google Doodle? Terdengar asing ditelinga kita. Betul??

115 tahun yang lalu, telah ditemukan komputer tertua oleh seorang arkeolog Yunani bernama Valerios Stais di sebuah kapal karam di Laut Aegean sebelah selatan Yunani. Namun pada saat itu para ilmuwan tidak dapat menentukan fungsi dari benda itu sendiri. Mekanisme Antikythera dipercaya sebagai komputer tertua di dunia.

Pada 2009, para ilmuwan berhasil menentukan fungsi dari Mekanisme Antikythera itu. Dan ternyata fungsi dari benda tersebut yaitu sebagai tujuan dari astronomi. Pada jaman dulu, alat ini digunakan untuk melihat posisi benda-benda yang ada di langit dari bumi. Benda ini dibuat oleh ilmuwan Yunani sejak ribuan tahun yang lalu.

Kini sebuah tim ahli telah mengungkapkan informasi terbaru. Hasil pembacaan terhadap 3500 karakter Yunani berukuran kecil di perangkat itu  berhubungan dengan dunia astronomi. Menggunakan huruf-huruf itu, orang jaman dulu dapat menentukan posisi tata surya, dari matahari serta planet-planet.

Sejumlah gigi bekerja bersama-sama, seperti yang mereka lakukan di jam mekanik. Menggunakan model, ditemukan bahwa perangkat dapat digunakan untuk menunjukkan gerakan matahari, bulan dan mungkin beberapa planet. Hal ini memungkinkan untuk menggunakan perangkat sebagai kalender. Ada tiga perangkat besar, dan tiga yang kecil.

[easy-share counters=1 counter_pos="inside" native="no" hide_total="yes" fullwidth="yes" fullwidth_fix="100"]

More from our blog

See all posts
No Comments