kelebihan chatbot untuk bisnis
Blog

4 Kelebihan Chatbot Untuk Bisnis Anda

Chatbot merupakan layanan digital yang mampu melakukan percakapan di sebuah aplikasi pesan instan. Percakapan yang dilakukan terlihat natural, seperti kita melakukan percakapan dengan manusia. Hal ini bisa terjadi karena adanya artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Dalam menjalankan bisnis, kita pasti harus membalas pertanyaan dari konsumen kita. Bila kita memegangnya chat sendiri, pasti akan kewalahan. Disinilah kegunaan chatbot, karena anda bisa membalas pesan konsumen lebih mudah. Untuk lebih jelasnya berikut ini 4 kelebihan chatbot untuk bisnis anda.

Penggunaan chatbot ini sudah tidak asing lagi. Karena semua ecomerce pasti menggunakan aplikasi ini. Untuk memudahkan pelayanan ke konsumen. Mungkin selama ini, yang ada ajak chat di ecomerce bukanlah manusia tapi program robot. Tetapi penggunaan chat bot ini, memang memberikan banyak keuntungan bagi pembisnis. Terutama untuk meningkatkan penjualan. Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, harus tahu apa saja kelebihannya.

 

Pelayanan Bisnis 24 Jam

Kelebihan chatbot adalah anda bisa memberikan pelayanan konsumen 24 jam penuh. Karena sistem ini tidak terpengaruh oleh jam kerja customer service bisnis anda. Yang memiliki jam kerja dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. Selain itu banyak pelanggan, yang lebih puas dengan layanan chatbot dibandingkan aplikasi chat manual. Chatbot mampu memberikan pelayanan 24 jam penuh, tanpa batasan waktu dan lelah. Akhirnya konsumen pun akan puas dengan layanan yang anda berikan. Mereka akan terus membeli produk yang anda jual.

 

Respon Menjawab Pertanyaan Konsumen Lebih Cepat

Konsumen pasti ingin pertanyaannya cepat di jawab oleh anda. Kalau memakai customer service manual, terkadang kita sibuk melakukan berbagai hal dan akhirnya responnya lambat. Membuat konsumen pergi, tetapi dengan memakai chatbot respon menjawab pertanyaan konsumen bisa lebih cepat. Hanya dalam rentang waktu 5 menit saja, chatbot akan langsung menjawabnya. Inilah salah satu kegunaan chatbot yang paling utama.

 

Interaksi Dengan Konsumen Lebih Mudah

Sebuah bisnis semakin berkembang, bila kita mampu berinteraksi dengan konsumen. Membuat keterikatan terjalin dengan baik. Inilah salah satu kelebihan chatbot. Interaksi dengan konsumen pun lebih mudah. Konsumen akan lebih nyaman berbelanja. Karena semua pertanyaan mereka tentang produk, akan dijawab dengan cepat. Serasa membeli langsung di toko offline. Seperti berbincang dengan pemilik tokonya langsung.

 

Respon Terhadap Pertanyaan dan Keluhan Kompleks

Terkadang admin malas untuk menjawab pertanyaan konsumen yang terlalu kompelks atau keluhan yang membingungkan. Karena customer service dipegang oleh manusia. Manusia tentunya memiliki rasa malas, emosi dan lainnya. Tetapi berbeda dengan chatbot. Chatbot mampu merespon pertanyaan dan semua keluhan konsumen. Walaupun pertanyaan yang membingungkan dan kompleks. Karena chatbot sudah dirancang, untuk menjawab semua pertanyaan. Walaupun berulang-ulang. Asalkan anda memprogram chatbot sesuai dengan kebutuhan.

Kegunaan chatbot berhubungan dengan pelayanan yang anda berikan. Respon pelayanan akan lebih cepat dan efektif. Konsumen pun tidak menunggu lama, atas pertanyaan yang mereka inginkan. Kemungkinan membeli produk pun lebih cepat. Menurut survei, kecepatan dalam pelayanan mempengaruhi pembeli membeli sebuah produk. Ketika anda membeli produk online, pasti akan merasa kesal bila respon dari penjualannya lama. Akhirnya memilih untuk tidak membeli dan pindah ke toko online lainnya.

Dengan adanya chatbot ini, akan menyelesaikan semua masalah itu. Pelayanan lebih cepat dan efektif. Konsumen tidak perlu menunggu lama, atas pertanyaan atau keluhan yang mereka sampaikan. Itulah sedikit informasi tentang kelebihan chatbot. Semoga bermanfaat.