Bisnis Online, Blog, Social Media

Jurus Ampuh Berbisnis Online di Instagram

Bagi para pebisnis online tentu tak asing dengan media sosial Instagram. Dengan kepopularitas Instagram yang begitu signifikan tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis online. Tunggu apa lagi, inilah saat yang tepat untuk memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Jika Anda memang berminat untuk mengembangkan bisnis online Anda di Instagram, yuk perhatikan hal-hal yang wajib Anda lakukan untuk memaksimalkan akun Instagram bisnis online Anda.

1.Buat konten foto dan video

Instagram adalah salah satu social media berbagi gambar dan video. Di mana kekuatan visual dianggap memiliki daya tarik dan keefektifan dalam promosi di Instagram. Jadi, cobalah mulai mengambil foto produk atau membuat video yang bisa menceritakan tentang produk atau bisnis Anda. Kemudian ceritakan produk Anda melalui caption. Misalnya Anda menjual produk fashion, Anda jangan hanya menjelaskan tentang harga, bahan yang digunakan, dan ukuran.

2. Rutin memposting konten

Dengan memposting konten secara rutin, Anda sama dengan menjaga followers dengan baik. Usahakan untuk membagikan foto atau video setiap harinya. Dengan begitu, followers yang telah dimiliki, tidak akan pernah meninggalkan bisnis Anda, dan followers baru juga akan mulai mengikuti Instagram bisnis Anda. Jika kehabisan stok foto atau video, Anda dapat memanfaatkan foto produk yang pernah dikirim oleh pelanggan Anda dan mention mereka, atau Anda dapat membuat konten berupa quotes yang menggambarkan produk Anda. Dengan begitu, visibilitas profil Instagram Anda akan terus meningkat dan pelanggan pun akan bertambah dengan sendirinya.

3. Buatlah profile yang menarik

Untuk mendapatlan perhatian followers Instagram Anda, gunakanlah avatar yang menarik. Usahakan juga nama dan avatar sama seperti akun media sosial yang lainnya ( twitter, facebook, dll ). Hal itu akan membantu followers Anda mengingat akun Instagram Anda.

4. Gunakan hastag yang tepat

Hastag adalah salah satu komponen yang terbilang membantu di pencarian. Maka dari itu Anda bisa menambahkan hastag (#) pada caption produk Anda. Dalam penggunaan hastag ada beberapa hal harus Anda ingat. Pertama, jangan gunakan hastag yang terlalu berlebihan karena itu akan membuat followers Anda malas membaca caption produk Anda. Kedua, gunakan hastag yang relevan dengan produk Anda. Ketiga, dalam penggunaan hastag usahakan selalu konsisten dan keempat jangan gunakan hastag yang tidak sesuai dengan konten Anda.

5. Berinteraksi dengan para follower

Followers adalah ladang untuk mendapatkan keuntungan. Jadi Anda harus perlakukan mereka seperti manusia juga. Jadikanlah mereka sebagai raja agar mereka tertarik dengan produk Anda. Selain itu jangan mengunci akun Instagram Anda agar tidak kehilangan peluang.

6. Susun perencanaan posting

Dalam memposting konten, tentunya diperlukan juga strategi loh. Jangan asal posting, atau mungkin selalu posting produk. Anda harus bisa menentukan kapan harus posting agar yang melihat produk Anda banyak. Jadi tentukan pada jam berapa Anda harus memposting konten serta jangan selalu posting tentang produk Anda, sesekali posting informasi yang berguna.

7. Gunakan call to action

CTA atau Call To Action adalah faktor yang bisa meningkatkan konversi followers Anda. CTA bisa membawa followers Instagram Anda lebih dekat dengan Anda. Misal saja “Silakan klik link pada bio untuk informasi lebih lanjut” atau “ Suka dengan produk ini? Bisa hubungi kontak di bio”. Usahakan juga ketika menggunakan CTA, jangan terlalu tampak berjualan.

berikut ini beberapa bisnis yang anda bisa dirikan di instagram

Endorse

Yang lagi diminati adalah endorser. Dengan menciptakan konten-konten yang menarik jutaan followers, akun-akun milik instagrammer, blogger dan youtuber mulai dilirik di berbagai perusahaan untuk meng-endorse produk-produknya. Maka dari itu jumlah followers sangat berpengaruh untuk meng-endorse sesuatu. Biasanya orang yang akan meng-endorse kan produknya memilih selebgram atau pemilik akun instagram dengan puluhan ribu followers agar banyak yang melihat dan tertarik akan produk tersebut.

Online Shop

Buat Anda yang ingin menekuni bisnis, online shop bisa jadi langkah awal yang paling mudah. Saat ini, banyak anak muda yang sudah mulai merintis bisnis online. Yang dijual pun beragam, mulai dari pakaian, aksesoris, sampai produk kecantikan.

Kebanyakan online shop tidak memproduksi dagangannya sendiri, namun mengambil produk dari produsen/grosir/importer atau biasa disebut dengan reseller. Penjualan bisa dilakukan melalui beragam platform media sosial, terutama instagram. Dengan menggunakan instagram, pejualan mereka bisa tersebar luas tanpa harus bersusah payah dengan cara mempromosikannya di instagram. Meskipun tidak dalam 1 kota, para pelanggan tetap bisa membeli produk-produk dari online shop dengan cara dikirim via paket dengan pembayaran via transfer.

Jasa Make up

Make up di zaman sekarang begitu penting, terlebih untuk wanita karir. Dengan keahlian memakai make-up, Anda bisa menawarkan jasa untuk teman-teman yang akan wisuda, menghadiri pesta, atau teman Anda sedang resepsi pernikahan. Anda bisa memajang karya make-up Anda agar semakin banyak orang yang mengenal jasa yang Anda tawarkan dan bisnis Anda bisa terus berkembang. Anda juga tidak perlu membuka salon kecantikan untuk memulai bisnis ini. Karena anda bisa menggunakan metode jasa panggilan yang bisa datang kerumah pelanggan atau tempat yang sudah di tentukan.

Bisnis Kuliner

bisnis kuliner juga juga mampu menyedot perhatian. Untuk menekuni bisnis ini, cukup mudah, yang penting tekun. Kuncinya, Anda harus punya produk kuliner yang original dan hanya bisa didapat di toko Anda. Selain itu anda bisa membuat inovasi makanan kekinian yang belum ada di tempat lain. Pastinya hal tersebut akan menjadi perhatian para pengguna instagram. Tidak harus membuat produk baru, bisa juga membuat inovasi produk makanan yang sudah ada dan dikembangkan menjadi berbeda dengan produk-produk lain

Event organizer

Beberapa orang malas untuk mengurus acaranya sendiri, terutama acara yang besar-besar, seperti acara pernikahan, acara arisan keluarga besar, dan lain sebagainya. Karena itu, saat membuat acara, banyak orang cenderung tidak mau direpotkan dan memilih memakai jasa Event Organizer (EO). Jika Anda siap berkolaborasi dengan sahabat-sahabat Anda, bisnis EO cukup menjanjikan. Terutama di musim-musim ramai pernikahan. Instagram bisa menjadi wadah untuk mempromosikan jasa ini agar para calon pelanggan tahu bagaimana kualitas EO anda.

Industri Kreatif

Akhir-akhir ini, pemerintah sedang fokus mengembangkan industri kreatif dalam negeri. Kalau anda punya keahlian di bidang fotografi, desain atau multimedia, Anda bisa mulai membangun tim untuk menjadi entrepreneur di bidang kreatif. Dengan instagram anda bisa memamerkan hasil karya anda dan mempromosikan karya-karya anda secara luas.

Banyak anak muda sekarang yang kreatif menciptakan hal-hal baru untuk berbisnis di instagram tersebut.

Software developer

Beberapa tahun ke depan, software developer bakal jadi profesi yang paling dicari. Bahkan, ada seorang seorang remaja 15 tahun yang diperebutkan oleh Facebook dan Google karena ia membuat aplikasi game Impossible Rush, yang ternyata bisa menghasilkan keuntungan hingga ribuan dolar per harinya. Karena itu, kalau anda bisa ilmu coding dan programming, jangan ragu untuk menjalankan bisnis Anda sendiri sebagai independent software developer. Karena semakin berkembangnya jaman ada saja inovasi-inovasi baru di dunia digital ini.

 

Fashion designer

Jika Anda suka dengan hal-hal berbau fashion dan aksesoris serta desain, jangan ragu untuk membuka brand clothing sendiri. Selain mendatangkan keuntungan yang menjanjikan, Anda juga bisa menyebarkan style Anda yang keren ke masyarakat Indonesia. Banyak pemuda di Indonesia sudah membuka brand clothing sendiri lewat instagram dengan omset yang tinggi. Walaupun hanya berbisnis online dan tidak membuka lapak di suatu tempat. Mereka bisa meraup omset hingga puluhan juta rupiah. Omset tersebut bisa digunakan untuk membuka distro clothing di beberapa daerah atau kota-kota besar agar bisnis tersebut bisa berkembang.

Related Posts