Inilah Beberapa Jenis Search Engine Yang Marketer Perlu Perhatikan
Uncategorized

Inilah Beberapa Jenis Search Engine Yang Marketer Perlu Perhatikan

Banyak orang mengira, search engine hanyalah Google. Namun ternyata ada banyak search engine di seluruh dunia dan masih dipakai hingga saat ini. Sebelum membahas tentang jenis-jenis search engine, anda juga harus mengetahui apa itu search engine.

Pengertian Search Engine

Search engine adalah Aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine.Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google.

Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Di bawah ini beberapa macam search engine yang sering digunakan oleh pemakai.

 

Contoh-Contoh Search Engine

Kami tidak akan menyebutkan semua search engine yang ada dan aktif saat ini karena jumlahnya sangat banyak. Kami memberikan beberapa search engine yang paling populer digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia.

  1. Google

google logo

Google merupakan salah satu search engine terbesar yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Apabila membicarakan mengenai search engine, maka Google adalah topic utamanya.

Saat ini, penggunaan dari Google sudah mencapai lebih dari bemiliar kali pencarian di seluruh dunia. Hal ini kemudian menimbulkan makna bahwa Google tahu segalanya, dan dapat dengan mudah membantu anda dalam mencari tugas. Dengan begitu google menjadi platform search engine terbesar didunia

  1. Yahoo

yahoo logo

Pada awalnya, Yahoo Search diperuntukan hanya untuk mencari bookmark yang ada di dalam internet, sehingga pencarian menggunakan Yahoo hanya menampilkan hasil berupa halaman yang sering dibookmark.

Namun seiring berjalannya waktu penggunaan yahoo sama seperti Google, meskipun dari segi penggunaan user dan juga penghasilan masih kalah jauh apabila dibandingkan dengan Google.

  1. Bing

bing logo

Bing merupakan search engine lainnya yang saat ini mulai banyak digunakan. Bing merupakan peranakan dari MSN Search dan juga Live Search, yang merupakan program yang bernaung di bawah induk Microsoft, salah satu raksasa teknologi besar di dunia.

Meskipun merupakan program yang dikembangkan oleh Microsoft, penggunaan Bing belum mampu mengalahkan persaingan dengan penggunaan Google sebagai search engine.

  1. Ask

ask logo

Ask merupakan salah satu search engine yang mulai bangkit lagi sejak diciptakan pada tahun 1996 oleh Gerret Gruener dan juga David Warthen. Saat ini penggunaan search engine dengan menggunakan ask sudah mulai banyak digunakan oleh user internet di dunia. Namun meskipun banyak yang sudah menggunakan search engine ini, namun tetap saja belum mengalahkan penggunaan dari Google.

Jenis Atau Tipe Search Engine

Ada beberapa jenis search engine yaitu:

  1. Crawler-Based Search Engine

Layanan mesin pencari ini menggunakan program software otomatis untuk mensurvei dan mengkategorikan banyak laman web. Program yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengakses laman web disebut spider, namun pada kondisi tertentu dikenal dengan nama lain seperti ‘crawler’, ‘robot’ atau ‘bot’.

Spider akan mencari laman web, mengunduh dan menganalisa informasi terkandung pada laman web. Nantinya laman web segera ditambahkan ke database mesin pencari. Ketika pengguna internet melakukan pencarian, mesin pencari segera memeriksa database dari laman website yang mengandung kata kunci spesifk lalu menampilkan dalam bentuk daftar tautan (link).

Daftar berupa tautan menuju website ditampilkan menurut pencarian kata kunci terdekat yang ingin ditemukan oleh pengguna internet. Crawler-based search engine tanpa henti menelusuri internet untuk menemukan laman web baru lalu memperbarui informasi database sehingga pengguna selalu memperoleh informasi terbaru. Adapun contoh dari crawler-based search engine yakni: Google dan Ask Jeeves.

  1. Direktori

Layanan ini menggunakan editor manual alias keterlibatan langsung manusia untuk menentukan kategori suatu situs. Dengan kata lain, situs ditempatkan sesuai kategori spesifik pada database direktori. Editor manual secara spesifik akan memeriksa dan menilai sebuah situs berdasarkan informasi yang diperoleh dan memakai aturan berlaku.

Beberapa direktori menawarkan layanan pembayaran. Jika suatu situs atau website ingin lebih cepat terindeks, maka wajib membayar sejumlah uang. Tapi, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, mengingat beberapa direktori juga menawarkan layanan gratis meski proses indeks memakan waktu cukup lama.

  1. Hybrid Search Engine

Layanan Hybrid mengandalkan kombinasi sempurna antara hasil crawler-based dan direktori. Saat ini semakin banyak mesin pencari berpindah haluan ke model hybrid-based, namun dua layanan paling terkenal sebagai pencetus konsep tersebut adalah Google dan Yahoo.

search engine robot

  1. Meta Search Engine

Layanan Meta SE mengambil data dari semua hasil yang ditampilkan oleh mesin pencari lainnya. Nantinya hasil pencarian tersebut dikombinasikan menjadi daftar pencarian berukuran besar. Adapun dua layanan meta mesin pencari paling terkenal yakni Metacrawler dan Dogpile.

  1. Search engine khusus

Merupakan jenis SE yang dikembangkan secara khusus demi memenuhi kebutuhan pencarian lebih spesifik. Adapun layanan mesin pencari khusus seperti pencarian belanja (Yahoo Shopping), pencarian lokal (nzs), pencarian nama domain (freeparking), pencarian freeware & shareware (downloads.com) dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan pengguna internet.

  1. Pay per click (PPC)

Salah satu layanan berbayar dari search engine untuk keperluan marketing dan promosi web. Banyak situs memanfaatkan PPC untuk memperkenalkan atau mengiklan produk atau jasa kepada khalayak ramai agar lebih mudah diterima.

Nantinya situs muncul di rangking paling teratas demi memperoleh klik lebih banyak. Google AdWords dan Bing merupakan dua layanan paling terkenal. dimana biaya yang dikenakan kepada pemilik situs berdasarkan klik atau Click-Through Rate (CTR).