Adwords

Google Umumkan Perubahan Besar Pada Bagian Penargetan Iklan Display dan Video

Para pengiklan yang menggunakan jasa pencarian berbayar akan sibuk dalam beberapa bulan ke depan. Dalam minggu-minggu terakhir ini, AdWords tidak akan lagi didukung dengan iklan flash. Pada akhir bulan Januari 2017, Google akan menerapkan perubahan pada standar format teks iklan yang telah mereka gunakan sejak tahun 2000. Google akan menghapus metrik klik yang terkonversi yang masih banyak digunakan oleh pengiklan untuk memantau keberhasilan kampanye mereka.

Dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu sebelum hari Natal, Google baru saja mengumumkan perubahan besar pada cara iklan display dan video mengelompokkan target mereka. Sebelumnya, para pengiklan menargetkan kampanye display dan video mereka dengan memilih penempatan, topik, kata kunci display, dan audiens secara selektif untuk menyajikan iklan mereka kepada orang-orang yang tepat di tempat yang tempat juga. Seandainya iklan tidak memiliki opsi penargetan tempat, iklan mereka tidak akan terpasang dan tayang 0 kali dimana pengiklan tidak akan dikenakan biaya sepeser pun. Sehingga iklan-iklan tersebut mirip dengan iklan pencarian yang tidak akan muncul jika tidak ada kata kunci yang aktif.

Mulai 18 Januari 2017, iklan-iklan dengan tanpa penargetan akan secara otomatis mulai tersedia di semua Google Display Network tanpa danya penargetan yang spesifik. Mengingat Google Display Network telah melayani lebih dari 1 juta triliun iklan yang harus tayang untuk lebih dari 2 juta situs, hal ini berpotensi untuk menjangkau audiens dengan jumlah yang sangat besar.

Untuk masa yang akan datang, agar iklan Anda tidak sia-sia di seluruh Google Display Network (yang mana tidak boleh berpengaruh terhadap budget Anda), pastikan bahwa semua iklan Anda yang aktif telah memiliki penargetan tempat yang tepat. Ketika menghentikan pengaturan tempat, audiens, dan kata kunci yang buruk, pastikan bahwa Anda tidak menghentikan semua iklan yang aktif, atau jika Anda melakukannya, hentikan iklannya juga. Telitilah dalam membangun kampanye iklan display Anda yang baru untuk memastikan bahwa iklan Anda menyertakan target yang tepat. Jika Anda belum siap untuk membuat iklan display atau video yang baru, tunda iklan tersebut sampai Anda mempunyai penargetan tempat yang tepat.

Untungnya, para pengiklan tidak perlu merubah semuanya sebelum tanggal 18 Januari 2017, karena semua kelompok iklan display yang sekarang tayang akan berlanjut untuk menjangkau audiens yang tepat. Dan iklan-iklan yang lain, yang sekarang tidak memiliki penargetan akan secara otomatis terhenti pada tanggal 18 Januari.

Meskipun pengiklan yang pemula mungkin tidak sengaja memasangkan iklan mereka pada jangkauan yang terlalu luas pada GDN dengan meluncurkan iklan-iklan yang tidak memiliki target yang spesifik, mereka mungkin akan mendapatkan keuntungan yang sedikit dengan adanya perubahan ini. Terutama para pemasar yang memiliki pemahaman dengan pendekatan yang mengarah pada usaha untuk menjangkau audiens baru tanpa adanya pengaturan target.

Pengiklan masih memiliki kendali atas semua strategi iklan mereka, dimana hal tersebut memberi peluang mereka untuk menciptakan strategi CPA untuk mencapai konversi yang tak terhitung. Kendali yang sedikit tidak selalu buruk apabila dilakukan dengan benar. Kampanye pencarian sering dijalankan dengan berhasil tanpa adanya kata kunci kampanye belanja dan penacarian iklan yang dinamik. Pada masa yang lalu, Google juga telah berhasil membuat pengiklan menargetkan jaringan iklan mereka tanpa adanya penargetan yang spesifik menggunakan kampanye aplikasi yang universal.

Jadi, apakah Anda sudah siap dengan perubahan ini? Apakah Anda senang? Gelisah? Jangan lupa untuk memberi tanda pada tanggal 18 Januari di kalendar Anda.