Blog, SEO, Social Media

Cari Tahu Pentingnya Sebuah Backlink Pada Website

Ketika pemilik bisnis membangun sebuah website, kebanyakan dari mereka hanya fokus pada keyword dan faktor seo on-page lainnya. Akan tetapi mereka mengesampingkan pentingnya backlink.  Nah, padahal backlink itu 80% lebih efektif meningkatkan trafik website Anda.

Jika Anda belum mengetahui bagaimana membangun backlink, ketahuilah beberapa dasar ini untuk memulai backlink :

Apa itu backlink?

Pada dasarnya backlink adalah link yang menghubungkan dua halaman website. Backlink merupakan link yang berada di halaman web lain yang mengarahkan pengunjung menuju website Anda. Backlink sering disebut juga Inbound link. Banyaknya backlink yang Anda buat akan menjadi satu indikasi penting website Anda, karena backlink digunakan Google untuk menentukan rangking di mesin pencari.

Manfaat backlink untuk bisnis Anda

Dari prespektif SEO, link menunjukan seberapa populer website Anda di mesin pencari. Pada dasarnya, setiap link yang mengarah pada website Anda itu berarti website Anda memang pantas untuk dibaca dan layak dikunjungi pembaca. Ketika mesin pencari menemukan link eksternal yang menuju website Anda, bagi mesin pencari ini berarti bahwa website Anda memiliki informasi dengan kualitas yang baik dan layak.

Semakin banyak backlink website Anda, maka nilai SEO website Anda juga ikut semakin besar. Namun sampai sekarang belum bisa mengukur bagaimana kualitas setiap website, maka dari itu mesin pencari mengandalkan backlink yang mengarahkan pada website. Meski seperti itu, Anda tetap harus memikirkan pentingnya positif link untuk website Anda. Untuk menarik target Anda menuju website Anda, Anda perlu menggunakan website eksternal yang tepat. Jadi Anda harus memperhatikan website mana saja yang memiliki banyak link yang mengarah pada kompetitor Anda.

Memulai membangun backlink

Ketika Anda mempublikasikan konten yang menarik, tentu Anda sudah mendapatkan link menuju situs Anda. itu saja belum cukup untuk membuat situs Anda mudah ditemukan di pencarian. Anda harus aktif dalam membangun backlink.

Untuk membangun backlink, ada beberapa kriteria yang perlu Anda ikuti :

  1. Backlink harus berasal dari situs yang relevant dan mempublikasikan konten yang bermanfaat.
  2. Jangan menggunakan strategi “black hat”, strategi ini dilarang oleh google.
  3. Backlink dibangun secara perlahan-lahan. Jika Anda membuatnya terlalu cepat, itu akan terlihat seperti memanipulasi pringkat.

Itulah beberapa informasi seputar backlink. Jika Anda masih kebingungan, hubungi saja kami, dengan senang hati akan membantu Anda.

Related Posts