cara submit URL di google
Blog

Cara Submit URL di Google

Apakah Anda adalah seseorang yang baru saja mulai memasuki dunia blogging atau website? Ataukah Anda sudah lama menekuni dunia blogging atau website namun website yang Anda bangun selama ini tidak menghasilkan apapun walaupun telah terisi banyak konten di dalamnya?

Semua blogger atau orang yang memiliki website tentunya ingin jika berbagai artikel yang telah Anda buat selama ini muncul di halaman pertama Google bahkan mencapai di peringkat teratas pencarian Google. Namun, jika hanya ingin-ingin saja tanpa adanya upaya yang benar dalam meraihnya akan menjadi sesuatu hal yang sia-sia.

Salah satu hal penting yang seharusnya Anda lakukan untuk meraih peringkat teratas dalam pencarian Google adalah dengan submit URL di Google. Apakah Anda telah melakukan hal itu? Itu merupakan cara yang mudah agar berbagai artikel Anda bisa dibaca dengan cepat oleh mesin pencari Google.

Cara Submit URL di Google antara lain :

  1. Mendaftarkan Website Ke Google

Meski pada umumnya mesin pencari itu pasti melakukan crawl pada semua website atau blog yang tersedia, namun untuk mengoptimalkan indeks, sebaiknya dilakukan pendaftaran atau submit url blog atau website.

Seperti yang telah Anda ketahui selama ini, bahwa Google merupakan search engine yang menduduki peringkat nomer satu.

Dan jika Anda mendaftarkan url blog atau website ke mesin pencari tersebut maka itu merupakan langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan teknik SEO (search engine optimisation), yaitu memaksimalkan hasil indeks Google terhadap url blog/website maupun setiap halamannya.

  1. Submit di Google Add URL

Mesin pencari Google ini telah menyediakan tempat yang khusus untuk Anda memasukan artikel yang Anda miliki secara satu-persatu, dengan cara berikut.

  • Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs web http://www.google.com/addurl
  • Jika Anda telah masuk ke situs web di atas maka Anda perlu untuk menyalin URL artikel yang Anda miliki dan kemudian masukan ke Google Add URL.
  • Lalu isilah captcha dengan benar dan tepat maka artikel yang Anda masukan telah berhasil masuk ke mesin pencari Google, Anda hanya tinggal menunggu saja kapan Google akan memunculkan artikel Anda, biasanya dalam hitungan jam Anda sudah bisa menemukan artikel anda di mesin pencari Google.
  1. Submit di Google Webmaster Tools

Cara yang terakhir yang bisa Anda terapkan adalah dengan memasukan URL artikel Anda ke Google Webmaster Tools (GWT), sebelum memasukan URL artikel Anda sebaiknya Anda memastikan jika Anda sudah mendaftarkan website anda ke Google Webmaster Tools.

  • Jika website atau blog Anda telah di daftarkan pada tools ini, maka klik-lah nama website yang Anda miliki agar bisa masuk ke halaman manajemen.
  • Kemudian Anda perlu untuk menge-klik menu Crawl lalu pilihlah Fetch as Google.
  • Selanjutnya isilah link artikel terbaru milik Anda di halaman “Fetch as Google” dan kemudian klik “Fetch”. Maka dalam waktu beberapa detik, halaman web Anda akan diambil oleh mesin pencari google.
  • Dan langkah yang terkahir perlu Anda lakukan adalah dengan menge-klik “Submit to Index” dan kemudian pilihlah “Crawl only this URL” dan tekan tombol “Go”. Dan Anda hanya perlu menunggu beberapa detik sebelum semua selesai.

Nah, itulah beberapa cara submit URL di Google yang bisa Anda terapkan dalam mendongkrak keberadaan artikel Anda agar bisa memasuki halaman pertama Google dan bahkan bisa menggapai peringkat teratas Google apabila Anda menerapkan cara-cara di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Related Posts