Cara Membuat Katalog Online

No Comments

Toko online selayaknya toko offline memang harus mempunyai katalog produk. Katalog produk ini berisi tentang produk-produk Anda yang tersedia beserta dengan spesifikasi produk dan juga harga. Kelebihan katalog online ini adalah Anda bisa mengupdate katalog tersebut kapan saja jika memang ada perubahan, jika katalog produk cetak akan memakan biaya yang banyak jika ingin mengedit karena berhubungan dengan biaya cetak.

Katalog online ini menjadi daya tarik para konsumen untuk sekedar melihat-lihat dan kemudian membeli produk Anda, berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat katalog online:

Kumpulkan semua bahan

Pastikan Anda sudah memiliki semua bahan sebelum memulai langkah desain selanjutnya. Bahan yang akan Anda butuhkan sebelum Anda membuat katalog termasuk di antaranya gambar produk, daftar produk dan keunggulan produk, serta daftar bahan lainnya yang perlu dituliskan, seperti informasi tentang perusahaan, pelanggan, testimoni pelanggan, dan informasi lain yang akan membantu pelanggan Anda membuat pilihan yang tepat.

Mengambil Gambar yang Menarik

Tujuan Anda adalah membuat katalog yang eye catching, jadi gambarnya pun juga harus berbeda. Sebaiknya hindari mengambil gambar dari ponsel meskipun ponsel Anda memiliki resolusi kamera yang besar karena walau bagaimana pun juga, kamera DSLR memiliki lensa dan berbagai fitur yang dapat menghasilkan gambar super tajam dan bagus. Gambar seperti inilah yang Anda perlukan. Jika perlu, gunakan jasa seorang fotografer untuk membantu Anda.

Jika budget Anda tidak memungkinkan untuk hal itu, Anda bisa tetap menggunakan kamera ponsel berpiksel tinggi. Usahakan untuk mengambil gambar di area dengan cahaya cukup terang dan background yang netral.

Gunakan Software Online

Jika Anda bingung menyusun katalog seperti apa yang menarik, ada banyak situs online yang menawarkan jasa untuk itu. Pilihlah tools yang tepat. Tools tersebut akan mengonversi file PDF Anda menjadi sebuah katalog. FlipHTML5, AnyFlip, Publitas, dan Flipsnack adalah contoh tools online yang bisa Anda jadikan pilihan untuk membuat katalog yang eye catching. Template yang ditawarkan juga berbeda-beda, jadi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan konsep e-commerce Anda.

Perhatikan Desain Katalog

Anda tidak mungkin membuat katalog apa adanya dengan hanya memasukkan gambar dan teks harga tanpa memperhatikan nilai estetika, bukan? Selain membosankan, tentunya hal ini tidak akan membuat calon pembeli Anda tertarik. Buat desain yang bagus sehingga mampu membuat orang yang melihatnya juga ingin membeli produk tersebut. Jika perlu, lengkapi katalog Anda dengan video agar lebih menarik. Pastikan navigasi yang Anda sertakan user-friendly sehingga pembeli tidak mengalami kesulitan menggali info terkait produk tersebut.

Teliti

Sebelum katalog produk online Anda di upload di website e-commerce Anda, sebaiknya Anda meneliti terlebih dahulu. Benar-benar harus diteliti mulai dari detail produk, spesifikasi dan juga harga.

Diatas adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk membuat katalog online. Anda juga bisa membuat katalog online serta optimasi website Anda agar memiliki banyak pelanggan. Silahkan hubungi tim profesional herosoftmedia yang siap membantu bisnis Anda.

Baca Juga:

Cara Membuat Online Shop

Meningkatkan Omset Bisnis Melalui AdWords

[easy-share counters=1 counter_pos="inside" native="no" hide_total="yes" fullwidth="yes" fullwidth_fix="100"]

More from our blog

See all posts
No Comments