Cara Jualan Laris di Internet

No Comments

Cara jualan laris di Internet

Banyak orang bertanya bagaimana tips dan cara jualan laris di Internet?

Memang tidak bisa dipungkiri belakangan ini bisnis online begitu menjamur. Mulai dari anak sekolah yang iseng-iseng cari tambahan uang saku berjualan di Facebook. Sampe para online marketer professional yang menjadikan bisnis online ini jadi nafkah hidup keluarganya. Selain karena sedang booming, memang bisnis ini memiliki banyak keuntungan, seperti hemat waktu dan tempat, minim modal, jangkauan pasar tak terbatas dan juga kemudahan berpromosi.

Namun banyak kendala yang tak dapat dihindari. Misalnya toko online Anda sepi-sepi saja, barang tidak laku di pasaran, hanya dua tiga transaksi setiap harinya. Hal-hal ini yang sering kali membuat frustasi. Padahal banyak bisnis online serupa yang kelihatan begitu sukses dan ramai. Tampilannya juga mungkin gak bagus-bagus amat. Harga produk sama aja dengan kita punya. Intinya, kita penasaran apa sih yang bikin mereka begitu sukses sedangkan bisnis online kita masih gini-gini aja? Apakah sounds familiar 🙂 Kalo gitu semoga artikel ini bisa membantu anda dan -seperti judulnya- memberikan cara untuk sukses jualan laris di Internet.

Cara berjualan laris di internet sebenarnya tak jauh berbeda dengan toko biasa. Kuncinya adalah, buat toko online Anda mudah ditemukan oleh calon pembeli. Ya seperti halnya kita buka toko biasa, tampilan toko yang “wah” dan mentereng gak menjamin bahwa toko kita bakal laris bukan? Kalo orang gak pernah tahu soal toko kita, apa gunanya buang-buang duit untuk bikin tampilan toko yang “wah”. Nah sama halnya dengan bisnis online. Bikin web yang bagus itu penting, tapi percuma kalo gak ada pengunjungnya.

Nah berikut ini 2 hal utama yang akan membantu kita meningkatkan pengunjung ke website kita:

1. Manfaatkan Social Media

Facebook / Twitter adalah cara yang mudah dan sederhana untuk meningkatkan trafik penjualan mengingat hampir seluruh pengguna internet mengakses akun ini setiap harinya. Anda dapat dengan mudah menambahkan teman / pengikut yang nantinya menjadi pembeli. Apalagi jika Anda tahu kekuatan tombol ‘Share’ di facebook, hanya dengan sekali klik saja itu artinya Anda telah menyampaikan promo kepada seluruh orang yang terhubung dengan jaringan Anda. Belum lagi fasilitas ‘Like’ yang semakin membuat produk Anda memungkinkan dilihat oleh lebih banyak orang.

2. Melakukan promosi melalui Online Advertising

Iklan online yang umumnya berbentuk Pay-Per-Click atau bayar sejumlah klik yang masuk. Iklan PPC yang paling populer adalah Google Adwords, dimana dengan Google Adwords website anda akan ditampilkan di halaman satu saat orang mencari suatu informasi atau kata kunci (keywords) yang berhubungan dengan produk atau usaha anda.

3. Gunakan Optiamasi SEO (Search Engine Optimization)

Statistik di Internet menunjukkan bahwa lebih dari 80% pengguna Internet mencari informasi dan produk menggunakan mesin pencari Google. Dan 99% pencarian di Google hanya berhenti pada HALAMAN PERTAMA. Maka tujuan utama SEO – seperti halnya iklan Google Adwords – adalah menempatkan suatu alamat situs website pada halaman pertama hasil pencarian Search Engine khususnya Google berdasarkan kata kunci yang relevan. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak.

Contoh sederhana, misalnya Anda memiliki toko online yang menjual jam tangan dan menggunakan SEO untuk keyword (kata kunci) ‘jam tangan’. Bayangkan jika seluruh pengguna internet yang ingin membeli jam tangan mengetik keyword tersebut di mesin pencari Google dan langsung menemukan website Anda, maka website itulah yang memiliki peluang terbesar untuk dikunjungi. Secara otomatis, trafik kunjungan dan omset penjualan pun akan meningkat.

Apakah kita bisa mempelajari teknik SEO tersebut? Tentunya bisa. Namun diperlukan usaha dan waktu yang tidak sedikit. Karena ilmu SEO itu tidak pernah diajarkan secara keseluruhan. Mengapa? Karena tiap mesin pencari memiliki algoritma masing-masing yang secara rutin terus berubah. Dan Google sendiri hanya memberikan informasi yang sangat terbatas mengenai SEO.  Maka cara termudah dan tercepat adalah dengan menggunakan jasa SEO. Biaya atau fee untuk jasa ini relatif sangat terjangkau, dibandingkan dengan biaya untuk beriklan PPC, khususnya jika kita menghitung untuk jangka panjang (1 tahun atau lebih). Biaya untuk SEO ini tergantung pada tingkat kompetisi keywords nya. Keywords yang tinggi kompetisinya (banyak pesaing) tentunya akan memiliki harga yang lebih tinggi juga. Untuk menentukan keywords yang baik, perusahaan jasa SEO seharusnya dapat melakukan riset dan memberikan advise kepada kliennya. Sehingga didapatkan keywords dengan biaya yang rendah tapi tingkat kunjungan (trafic) dan konversi penjualan (sales conversion rate) yang tinggi.

Untuk itu pastikan Anda tidak salah dalam memilih perusahaan penyedia jasa SEO. Pilih perusahaan yang terpercaya yang dapat memberikan service dan riset yang terbaik, serta menggunakan teknik  SEO yang legal dan direkomendasikan oleh mesin pencari. HeroSoftMedia siap untuk membantu anda dalam mencapai kesuksesan berbisnis online. Semoga tips cara jualan laris di Internet ini dapat berguna bagi anda.

More from our blog

See all posts
No Comments