Bisnis Afiliasi Online Yang Menggiurkan

No Comments

“Bro, temanmu kan banyak. Bantu aku jualin motorku dong. Harga pasnya 10 juta. Nanti kalau terjual dari tanganmu, kuberi 500 ribu!” Anda pasti pernah, bahkan sering, mendengar dialog semacam ini. Si penjual tidak punya keterampilan menjual, tak ada waktu, malas, atau berbagai alasan lain, tapi butuh produknya terjual. Maka dia minta tolong orang lain. Itulah dasar sistem afiliasi atau affiliate marketing. Barang terjual, semua pihak diuntungkan. Pembeli untung, memperoleh barang yang dibutuhkannya. Penjual (merchant) untung barangnya laku tanpa dia harus mengeluarkan keringat. Broker (mitra afiliasi) untung, karena tanpa modal usaha dia bisa mengantongi uang. Di Internet, bisnis semacam ini banyak bertebaran. Kunjungilah ClickBank.com (produk-produk digital), Amazon.com (aneka produk, digital maupun fisik), Agoda.com (pemesanan kamar hotel), dll. Untuk merchant lokal, ada Lazada.co.id (produk sehari-hari), TipsHamil.com (buku kiat cepat hamil), IndoAffiliate.com (e-book dan video bagaimana memikat wanita), dll. Ketika Anda berhasil menjualkan produk-produk itu, komisi menggiurkan pun menanti.

5 Langkah Mendulang Uang dari Jualan Produk-produk Afiliasi

Tertarik mereguk pundi-pundi rupiah atau dollar dengan menjadi mitra afiliasi? Inilah yang perlu Anda lakukan:

  1. Kumpulkan informasi. Browsing-lah untuk menemukan sebanyak-banyaknya program afiliasi. Pelajari, apa produknya? Sesuaikah dengan passion Anda? Berapa persentase komisinya? Bagaimana prosedur pembayaran komisinya? Apa saja fasilitas untuk mitra afiliasi? Berapa biayanya? Dan sebagainya.
  2. Cari tahu reputasi merchant. Browsing kembali, tapi kali ini hindari situs merchant. Cari tahu pendapat orang tentang program afiliasi tersebut di forum-forum online, blog-blog, atau jejaring sosial. Banyakkah yang puas dan merekomendasikannya? Atau justru banyak yang kecewa?
  3. Bergabung. Ada program afiliasi yang pendaftarannya gratis, ada yang berbayar. Ada yang melalui tahap seleksi, ada yang langsung diterima. Yang jelas, setelah resmi bergabung, Anda akan memperoleh link afiliasi yang unik. Bila seseorang mengklik link tersebut, sistem merchant otomatis akan mencatatnya.
  4. Sebarkan link afiliasi Anda. Misalnya ke jejaring sosial, forum, blog, email, atau iklan. Kelebihan beriklan, biasanya link afiliasi Anda cepat mendapatkan klik. Sementara, kelebihan blog adalah sifatnya gratis dan “selamanya”.
  5. Perhatikan copywriting. Jangan senang dulu kalau banyak yang mengklik link afiliasi Anda. Umumnya, klik takkan menghasilkan komisi bila tak ada pembelian. Maka pastikan copy (teks) di blog, jejaring sosial, forum, email atau iklan Anda akurat menggambarkan manfaat produk itu. Sehingga, orang mengklik link afiliasi Anda bukan karena penasaran, melainkan karena sudah paham produknya dan memang hendak membeli.

Merchant yang baik menyediakan halaman login untuk mitra afiliasinya. Di halaman itu, Anda bisa memeriksa berapa kali link afiliasi Anda diklik, berapa produk yang terjual melalui link tersebut, termasuk berapa komisi Anda sejauh ini.

5 Langkah Mengembangkan Bisnis melalui Sistem Afiliasi

Jika Anda memiliki produk yang cocok ditawarkan melalui internet, tidak ada salahnya membuatkan sistem afiliasinya juga. Dengan begitu, bukan hanya Anda dan tim sales yang menjualkannya. Orang lain pun akan berlomba-lomba membantu penjualannya. Anda tidak perlu menggaji atau memberi mereka tunjangan. Cukup beri komisi setiap ada penjualan. Efisien, bukan? Namun…

  1. Jadilah mitra afiliasi dulu. Orang bilang, “Untuk menjadi bos yang baik, jadilah karyawan dulu.” Dengan menjadi mitra afiliasi produk lain, Anda akan tahu bagaimana sistemnya berjalan, apa saja unek-unek mitra afiliasi, dsb. Itu semua modal berharga untuk mengembangkan program afiliasi Anda sendiri.
  2. Sediakan domain dan hosting. Pilih nama domain yang sederhana (agar mudah disebut dan diingat), tapi sesuai dengan nama produk. Usahakan servernya berkapasitas besar dan bandwith-nya tak terbatas, supaya ketika pengunjungnya membludak, situs Anda tidak “lumpuh”.
  3. Buat situs utamanya. Bayarlah programmer atau belilah produk jadi. Setelah itu, cobalah sendiri selama beberapa minggu untuk membuktikan situs benar-benar sudah berjalan sesuai yang dimau. Bila belum, perbaikilah. Bila sudah, rilislah!
  4. Promosikan. Woro-worolah di forum-forum, jejaring sosial, beriklanlah, daftarkan situs afiliasi Anda ke direktori-direktori khusus program afiliasi, bekerja samalah juga dengan situs-situs yang masih berhubungan dengan produk Anda.
  5. Bangun reputasi. Jika Anda selalu membayar mitra afiliasi tepat pada waktunya, sistem bagus, customer service ramah, cepat atau lambat, program afiliasi Anda akan populer. Produk pun menjadi best seller dan profit berdatangan. Selamat!

Tapi ingat, baik Anda mitra afiliasi maupun merchant, teruslah mengevaluasi sistem yang dijalankan selama ini. Terutama bila angka-angka yang dihasilkan tidak seperti yang diharapkan. Sama seperti bisnis konvensional, bisnis afiliasi juga perlu kerja keras dan kerja cerdas untuk bisa sukses. Selamat mencoba!

More from our blog

See all posts
No Comments
     

    Leave a Comment