Baca Ini Agar Anda Berada Pada Puncak Media Sosial

No Comments

Memikirkan strategi marketing pada media sosial awalnya memang membingungkan. Mungkin Anda pernah merasa kesulitan untuk menyusunnya. Maka dari itu Anda membutuhkan suatu rencana untuk membuat strategi marketing di media sosial.

Untuk membuat suatu rencana marketing di media sosial, Anda harus memulainya dari dasar terlebih dahulu. Jika dianalogikan, Anda sedang membuat suatu rencana perjalanan, awali dengan mengarahkan pada jalan yang benar, lalu pilih cara bagaimana Anda mencapai tujuan Anda, dan selalu pastikan bahwa Anda sudah berada jalur yang tepat kemudian baru bersenang-senang.

Untuk merencanakan marketing di media sosial Anda bisa memulainya dengan hal-hal berikut.

  1. Tentukan jaringan sosial

Saat ini banyak sekali media sosial yang memiliki keunikan, praktik dan gaya masing-masing. Disinilah awal dari perjalanan Anda, yaitu menentukan jaringan sosial mana yang tepat untuk mencapai tujuan Anda. Anda tak perlu menggunakan semua media sosial, pilhlah mana yang menurut Anda paling penting.

  1. Isi profil dengan lengkap

Tujuan mengisi profil dengan lengkap adalah untuk menunjukan profesionalisme dan meyakinkan pengunjung bahwa Anda serius dengan bisnis Anda. Pada bagian visual ada baiknya jika konsisten pada avatar yang digunakan, jadi semua media sosial menggunakan avatar yang sama. Lalu lengkapilah bagian bio dengan bahasa yang segar dan mudah dimengerti pengunjung.

  1. Pilih strategi postingan

Seberapa sering Anda memposting konten di media sosial? Berapa jumlah post disetiap harinya? Setiap media sosial memiliki waktu posting yang berbeda-beda. Namu tak perlu ambil pusing, karena saat ini sudah ada tools yang membantu Anda mengetahui waktu terbaik untuk posting. Lalu setelah mengetahui waktu posting yang tepat, Anda juga harus menentukan postingan yang tepat juga. Akan lebih baik jika Anda menambahkan konten gambar, karena postingan yang berupa gambar cenderung akan dilihat oleh pengunjung.

  1. Lakukan analisa dan tes

Untuk menganalisis postingan Anda, ada beberapa langkah yang wajib Anda ketahui

Menetapkan Benchmark

Setelah satu bulanan, Anda bisa mengecek statistik jumlah like dan komentar pada setiap post. Inilah yang akan menjadi patokan untuk kedepannya.

Lakukan Pengujian

Jadilah seseorang yang terbuka untuk mencoba sesuatu yang baru. Anda bisa melakukan pengecekan di setiap media sosial Anda. Terimalah komentar dan masukan-masukan, kemudian diskusikan lalu segera dicoba.

Cek apa itu bekerja

Cek statistic dengan patokan Anda. jika performanya bagus, Anda bisa mengiplementasikan perubahan. Jika telah selesai melakukan pengetesan, Anda bisa mencoba sesuatu yang baru.

  1. Mengotomatisasi, engage dan dengarkan.

Bagian akhir dan yang terpenting pada rencana marketing di media sosial adalah Anda harus tetap update dan menjalin hubungan yang baik dengan pengunjung. Lakukan otomatisasi update-an di media sosial. Setelah melakukan otomatisasi, Anda juga harus terlibat langsung dengan pengunjung. Tanggapilah mereka, lakukan percakapan dengan customer potensial, teman ataupun kolega.

Setelah membaca langkah diatas, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Siapkah Anda untuk terlibat? Jika seperti itu, segera buat rencana marketing Anda sendiri!

Selamat mencoba!

More from our blog

See all posts
No Comments