Apa yang Harus Dilakukan Ketika Konversi Penjualan Mulai Menurun?

No Comments

Penjualan Anda sedang menurun? Sebagian besar perusahaan memang pernah mengalaminya, jadi Anda tidak perlu panik. Ambillah langkah praktis untuk memajukan perusahaan. Ketika penjualan mulai berkurang, ketahui apa yang terjadi, hal apa yang tepat untuk dilakukan, dan apa yang dibutuhkan untuk meningkatkannya kembali. Bekerjalah dengan tim pemasaran Anda untuk meningkatkan pengalaman konsumen menjadi lebih baik. Mulai dari perubahan CTA, menambah testimoni untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, menjalankan riset pasar, dan lain-lain.

Mulailah menambah penjualan hari ini dengan langkah-langkah berikut ini:

Temukan Penyebabnya

Respon yang paling efektif terhadap data konversi Anda yang menurun adalah berusaha mencari dan menemukan penyebabnya. Anda perlu mengevaluasi strategi pemasaran Anda. Mulai dari review data perilaku konsumen, laporan, analisis website, hingga konversi penjualan pada waktu yang sebelumnya.

Apakah penurunan tersebut dipengaruhi oleh faktor internal? Mungkin bisnis Anda membuat update produk yang tidak disukai oleh konsumen, atau kampanye pemasaran baru yang tidak berpengaruh terhadap khalayak sasaran.

Apakah faktor eksterneal yang menyebabkan permasalahan? Mungkin selera konsumen beralih pada trend yang lain, atau fluktuasi pasar yang terjadi karena devaluasi mata uang atau iklim politik.

Setelah tim dan Anda menemukan penyebab permasalahannya, maka kemudian kerja keras Anda akan dimulai. Anda akan memerlukan strategi yang dapat menghentikan penurunan dari setiap departemen. Tidak cukup hanya melaksanakan taktik, setiap orang dari bagian pengembangan produk hingga ke bagian penunjang konsumen (customer support) harus membantu dalam keadaan tersebut.

Laksanakan pemeriksaan harian atau mingguan untuk memastikan semua bagian tim kerja bergerak secara seksama dan satu arah, serta fleksibel untuk melakukan penyesuaian situasi dengan cepat. Hindari asosiasi frustasi karena penurunan penjualan. Tetapi tetaplah tenang, kembangkan perencanaan, dan ambil tindakan.

Membuat Urgensi untuk “Beli Sekarang”

Jika penurunan penjualan Anda cenderung disebabkan oleh faktof internal, gunakan strategi baru dan fokuskan pada pembuatan urgensi untuk pembeli potensial yang memiliki keragu-raguan dalam membuat keputusan pembelian.

Urgensi mendorong manusia ke dalam sebuah dilema, dimana timbul perasaan untuk mengambil tindakan yang diperlukan secepatnya atau kehilangan yang diinginkan. Tidak ada hal yang dapat meningkatkan aktivitas seputar pembelian, tetapi Anda dapat menempatkan waktu hitung mundur ke dalam keranjang belanja online atau memberitahu orang-orang tentang penjualan yang akan berakhir dengan segera. Dan strategi ini cukup dapat menghentakkan konversi Anda.

Terlebih lagi, membuat hitungan waktu yang muncur ke dalam situs e-commerce Anda akan memberikan kesan produk untuk konsumen sebagai “produk yang butuh untuk dimiliki” atau “produk yang senang jika dimiliki”. Perubahan perspektif konsumen tersebut akan membuat produk Anda lebih bernilai di mata para konsumen. Berikan konsumen Anda sedikit dorongan untuk membeli produk Anda. Jika perlu, tambahkan bonus ebook atau akses ke dalam event VIP pada transaksi Anda.

Singkirkan Semua Gangguan

Desain Web yang kreatif dibuat setiap harinya. Mulai dari parallax scrolling hingga tema widgets yang ditampilkan agar menambahkan fitur baru ke dalam website Anda agar memudahkan konsumen menelusurinya. Tetapi apakah semua fitur tersebut perlu ditambahkan ke website Anda? Anda mungkin akan mengganggu kenyamanan konsumen dengan penambahan fitur yang berlebihan.

Jika pengunjung atau konsumen terganggu dengan adanya konten yang terlalu banyak atau tidak memperhatikannya dengan tepat, khususnya pada perangkat mobile, maka secara psikologis mereka akan mencari website lain yang memiliki tampilan lebih baik. Hal tersebut juga termasuk disebabkan karena kualitas gambar yang digunakan buruk atau tidak adanya konten visual yang menarik perhatian.

Desain adalah bagian yang paling dinilai dari tampilan homepage Anda. Menunjukkan CTA secara visual yang mengarahkan konsumen pada cara pembelian yang sederhana, mudah, dan cepat.

Kembangkan desain consumer-friendly yang mengadaptasi dari perilaku pembeli. Terutama untuk perangkat mobile, pembeli yang menggunakan smartphone-nya akan lebih menikmati berbelanja dengan adanya fitur auto-populate, auto-capitalization, dan credit card scanning. Misalnya pada gambar berikut:

Dapatkan Kepercayaan Konsumen

Sebenarnya pembeli menggali hubungan yang otentik dengan brand Anda. Hal tersebut akan membuat mereka tenang karena mereka menerima produk yang berkualitas.

Integritas adalah hal yang sangat penting dalam bisnis, dan konsumen perlu mengetahui bahwa Anda menjaga janji Anda dengan memberikan pengalaman membeli yang terbaik. Dapatkan kepercayaan konsumen melalui dialog yang terbuka. Bagikan kisah sukses bisnis Anda, serta cara kegagalan dan cara Anda melaluinya. Kemudian berikan kesempatan pada konsumen untuk memberikan feedback terhadap sejarah bisnis Anda.

Mintalah karyawan Anda untuk hadir pada event besar untuk membagikan pengetahuan mereka atau menjadi host pada sebuah workshop kecil dalam komunitas lokal Anda. Ahli yang bekerja dibalik produk Anda adalah solusi potensial bagi masalah kebutuhan konsumen.

Mengulang Penargetan Konsumen

Konsumen tidak mau membeli produk Anda setelah adanya pengenalan produk yang pertama, itu berarti Anda harus meyakinkan mereka kembali pada pengenalan produk yang kedua kalinya. Targetkan layanan Anda pada kesempatan partisipasi untuk pengunjung setelah mereka meninggalkan website Anda. Buatlah kampanye iklan yang spesifik untuk memikat konsumen yang sedang menelusuri website lain, agar mereka kembali ke website Anda.

Kuasai tampilan layar konsumen Anda dengan menggunakan kampanye iklan yang bersuara dan memiliki visual yang menarik. Gambar atau video yang bersuara akan menangkap perhatian konsumen. Selain itu, manfaatkan kekuatan dari kata “gratis” pada iklan Anda. Arahkan konsumen kepada website Anda dengan penawaran biaya pengiriman yang gratis atau gratis percobaan menggunakan produk Anda.

Optimasi untuk Konversi yang Lebih Banyak

Penjualan Anda mungkin menurun, tetapi selalu ada peluang untuk meningkatkannya kembali. Carilah penyebab dari penurunan penjualan tersebut. Gerakkan konsumen ke dalam saluran Anda dengan membuat urgensi pembelian pada pesan pemasaran Anda, dan hapuskan segala gangguan yang mempengaruhi kenyamanan konsumen dalam melakukan transaksi.

Hentikan penyusutan penjualan tersebut dan segera ambil tindakan untuk menyelamatkan penjualan Anda. Segera!

More from our blog

See all posts
No Comments