Blog

Apa Itu Efektivitas Iklan?

Iklan adalah semua bentuk aktivitas yang untuk menghadirkan dan memromosikan ide, barang, atau jasa secara non personal yang dibayar oleh sponsor tertentu. Iklan digunakan untuk membujuk dan menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pembuat iklan.

Iklan menjadi salah satu pilihan untuk memasarkan suatu produk. Iklan bisa dipasang di media online maupun offline. Untuk iklan offline biasanya ditemukan pada koran, majalah, reklame, televisi, dan media cetak serta elektronik lainnya. Sedangkan iklan online, ditemukan pada media sosial atau aplikasi-aplikasi yang terhubung ke internet.

Dari iklan offline dan online, keduanya memiliki efektivitas iklan. Efektivitas iklan ini digunakan untuk mengukur seberapa besar tujuan dipasangnya iklan telah tercapai dari pengiklan. Efektivitas iklan dapat diukur menggunakan metode EPIC. E untuk empati, P untuk persuasi, I untuk impact (dampak), dan C untuk communication (komunikasi).

Baca juga : Jasa Iklan Online Ini Wajib Digunakan

Tujuan dari iklan sendiri yaitu untuk membujuk dan mengajak orang. Nah agar seseorang dapat terbujuk oleh iklan, maka iklan tersebut harus menggambarkan suatu kreativitas. Iklan yang kreatif dan efektif akan menghasilkan dampak abadi secara relatif pada diri konsumen.

Sebuah iklan dapat dikatakan efektif apabila iklan tersebut dapat dicerna dan dipahami dengan baik oleh masyarakat, serta mengandung informasi yang benar-benar akurat dan tepat dari sudut pandang yang benar.

Efektivitas iklan dapat diukur dari 2 hal, yaitu:

  1. Dampak komunikasi dari suatu iklan, yang berpengaruh pada kesadaran, pengetahuan, dan preferensi.
  2. Dampak terhadap penjualan, terbilang lebih sulit jia dibandingkan dengan dampak komunikasi. Dampak penjualan lebih sulit karena terdapat banyak faktor yang menentukannya, seperti faktor iklan, harga, penampilan produk, kompetitor, dan masih banyak lainnya.

Itulah pembahasan mengenai Apa itu Efektivitas Iklan. Semoga dapat bermanfaat.

Untuk masalah pemasaran, Anda dapat menerapkan pemasaran secara online. Sekarang ini sudah banyak UKM yang memanfaatkan internet untuk usahanya.

HeroSoftMedia merupakan Digital Marketing Agency sebagai Google Partner pertama di Jawa Tengah. HeroSoftMedia akan membantu menyusun strategi marketing yang tepat sasaran untuk bisnis online Anda. Ada ratusan UKM hingga perusahaan internasional yang telah bergabung. Kini giliran Anda untuk bergabung dan menuju tak terbatas.

logo herosoftmedia

Mataram Plaza B-1 MT Haryono 427-429, Semarang, Indonesia

024 3518888

marketing@herosoftmedia.com