Bisnis Online

9 Kesalahan Fatal Dalam Berjualan Online

1. Tidak Melakukan Riset Pasar

Banyak orang berfikir dari sudut pandang mereka sendiri bahwa produ yang dijual akan laris. Tapi disini yang jadi parameter bukan anda melainkan pembeli, Jadi Bagaimana kalo pembeli nya merasa tidak tertarik, lalu ngapain mereka keluar uang untuk membeli produk itu?

2. Salah Memilih Target Pasar

Menjual barang pecah belah tapi di forum jual beli ikan?? seperti itulah contohnya. Jika anda menjual barang pecah belah anda bisa bergabung di grup ibu2 atau yang banyak user wanita(yang tertarik dengan bbarang tersebut). Pasti hasilnya akan jauh beda dan lebih optimal.

3. Hanya Menjual 1 Jenis Produk

Saat anda memliki toko online penuhi etalase toko online anda dengan berbagai macam varian produk karena tidak menutup kemungkinan jika pelanggananda tdak tertarik dengan produk a maka dia akan tertarik dengan produk b. Variasi produk sangat enting untuk menunjukan eksistensi dan kredibilitas toko online anda.

4. Kesalahan Informasi Produk

Toko online hanya memberikan deskripsi produk yang singkat dan sangat mendasar, sehingga customer tidak bisa melihat apa yang membuat produk anda lebih baik dan berbeda dari yang ditawarkan oleh toko online lain. Detail kecil ini sangat penting sekali, karena customer yang akan membeli produk perlu tahu apakah toko online kamu bisa dipercaya.

5. Meniadakan Promosi

Ini adalah salah satu hal yang sering saya lihat di pebisnis online pemula. Promo merupakan suatu hal yang paling di cari-cari oleh para pelanggan tak terkecuali bisnis apapun. Setiap kali ada promo pasti akan meningkatkan penjualan produk anda.

6. Tidak mendekati calon pelanggan terlebih dahulu

Berjualan juga butuh pendekatan, kalau calon pembeli anda belum merasa sreg dengan anda, maka akan sulit terjadi penjualan. Pertanyaannya, seandainya ada 2 orang yang menawari anda produk yang sama, dengan harga yang sama. Bedanya, yang satu teman anda sedangkan yang satu orang yang tidak anda kenal. Kira – kira anda akan membeli dari siapa? Tentu anda akan membeli kepada orang yang sudah anda kenal bukan?

7. Keharusan Mendaftar Sebelum Melakukan Order

Sebaiknya hindari mengharuskan untuk mendaftar atau sign up sebelum memasukkan produk ke shopping cart, karena akan membuat customer merasa kurang nyaman dan bisa beralih ke webstore lain.

8. Proses Pembayaran yang Rumit dan Panjang

Ini adalah salah satu kesalahan desain toko online yang paling umum terjadi. Halaman pembayaran yang terlalu panjang bisa membuat calon customer segera meninggalkan toko online tanpa melakukan pembelian. Sebaiknya proses pembayaran dilakukan dalam beberapa langkah sederhana dan hanya menggunakan 1 halaman khusus.

9. Spamming

Ini adalah kesalahan selanjutnya, asal ngetag orang sembarangan. Apalagi kalau dikombinasikan dengan target pasar yang salah dan tidak didekati lebih dulu, maka lengkap sudah. Bersiap siaplah kredibilitas dari akun anda akan turun dan hal terburuk adalah akun anda akan di blokir baik oleh google maupun toko online yang anda gunakan.