Artikel

6 Strategi Diskon Untuk Menghabiskan Stok Barang

Banyak sekali cara untuk dapat menarik pembeli, salah satunya adalah dengan memberikan potongan harga spesial atau diskon besar kepada calon pembeli. Bukan hanya di toko offline di toko online pun juga telah banyak yang memberikan diskon dengan berbagai macmjumlah dan syarat.

Menarik minat calon pembeli dengan memberikan tawaran diskon besar tidak selalu dilakukan atas prakarsa sebuah toko atau administrasi toko online maupun offline. Terkadang hal ini merupakan inisiatif dari pemilik barang/produk (produsen). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah pembeli dari suatu produk tersebut.

Ketika Anda telah memilih tujuan untuk diskon atau penjualan Anda, pilih jenis diskon yang cocok untuk Anda. Dibawah ini merupakan 6 jenis strategi diskon yang bisa anda gunakan

1. Paket Diskon – Untuk diskon ini, daripada menurunkan harga suatu produk atau layanan, kurangi harga sekumpulan barang yang dibeli bersama.

2. Diskon di Muka – Anda juga dapat menawarkan diskon kecil untuk orang-orang yang akan membayar produk dan layanan nanti, mungkin beberapa bulan atau minggu sebelum dikirim atau diterima.

3. Diskon Volume – Ketika Anda menawarkan diskon volume, pelanggan Anda akhirnya akan membayar lebih sedikit saat membeli lebih banyak produk. Misalnya, TOKO A, penyedia roti online, menawarkan diskon 10 persen jika Anda membeli 8 kotak produk Anda.

4. Diskon Musiman – Diskon berdasarkan acara cenderung terjadi sekitar waktu atau musim tertentu, dan ini sering terjadi. Ini termasuk diskon pada hari libur seperti tahun baru atau HarBolNas.

5. Pengiriman Gratis – Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menawarkan pengiriman gratis dapat meningkatkan penjualan. Pengiriman gratis juga dapat mengurangi biaya pembatalan pembelian. Berdasarkan sebuah studi oleh Business Insider, biaya pengiriman yang tinggi merupakan alasan penting mengapa pembeli membatalkan pembelian mereka.

6. Beli Satu, Gratis Satu – Sebuah studi di Journal of Marketing menemukan bahwa sebagian besar pembeli ingin mendapatkan produk gratis daripada diskon, karena sulit bagi mereka untuk memahami pecahan, sementara “gratis” selalu lebih mudah dipahami. Ini ditunjukkan dalam perilaku pembeli juga.

Dan untuk diskon tinggi ini, kadang-kadang produk yang dijual adalah produk stok lama. Karena dengan diskon besar ini, produk ini diharapkan bisa terjual dengan baik. Stok yang lama ini bisa berasal dari hasil yang tidak laku atau laku, dan untuk barang-barang seperti ini,Strategi diskon diatas dapat menjadi solusi agar barang anda tidak terlalu banyak menumpuk di gudang.