5 Jenis Pencocokan Kata Kunci di Google AdWords

No Comments

Jenis pencocokan kata kunci yang sesuai (pilihan kata kunci yang memungkinkan) haruslah Anda tentukan untuk memilih siapa saja yang nantinya akan melihat iklan Anda. Para pengguna biasanya akan melihat iklan Anda berdasarkan pada kesamaan dari permintaan pencarian atas kata kunci yang telah Anda tentukan. Kata kunci bertujuan untuk menargetkan pilihan yang paling banyak digunakan dalam penelusuran iklan di AdWords.

AdWords menyediakan lima pilihan dari jenis kata kunci yang mungkin sesuai untuk iklan bisnis Anda:

1 – Exact Match

Atur kata kunci Anda untuk pencocokan kata kunci yang paling tepat, dan iklan Anda akan muncul ketika permintaan pencarian pengguna benar-benar tepat dengan kata kunci Anda. Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah ketika pengguna mencari dengan menggunakan varian kata yang sangat dekat dengan kata kunci Anda. Jika itu terjadi, maka iklan Anda akan muncul.

Misalnya, Anda adalah produsen sepatu khusus untuk pria. Maka iklan Anda akan muncul ketika pengguna mengetikkan kata “sepatu pria” atau “sepatu laki-laki” pada pencarian mereka. Sedangkan jika mereka mengetikkan kata-kata seperti “sepatu pria untuk kerja”, “sepatu pria warna merah”, dan lain-lainnya, iklan Anda tidak akan muncul.

2 – Phrase Match

Mirip dengan exact match, phrase match memunculkan iklan ketika permintaan pencarian pengguna sesuai atau paling mendekati kata kunci Anda. Hanya saja, phrase match juga memunculkan iklan Anda ketika pencarian memasukkan kata tambahan sebelum atau sesudah kata kunci utama.

Misalkan, pada contoh sebelumnya, iklan produk sepatu pria Anda akan muncul ketika pengguna mengetikkan kata-kata “sepatu pria”, “sepatu laki-laki” dan “sepatu pria untuk kerja”. Namun iklan tidak akan muncul untuk kata kunci “sepatu pria warna merah” ataupun “model sepatu laki-laki”

3 – Broad Match

Broad Match akan menunjukkan kata kunci dengan jangkauan yang luas yang mungkin mendekati atau secara garis besar mendekati kata kunci Anda. Pengguna akan melihat iklan Anda jika:

  • Mereka menggunakan kata sinonim
  • Mereka mencari kata-kata penawaran yang berbeda
  • Mereka menggunakan pencarian dengan long-tail keyword yang berhubungan dengan kata kunci Anda
  • Mereka salah dalam mengeja kata

Misalkan, iklan Anda akan muncul karena kata kunci dari kesemua jenis pencarian, dari kata “sepatu pria” hingga “model sepatu pria”.

4 – Broad Match Modifier

Broad match modifier adalah persilangan antara broad dan phrase match. Jenis kata kunci ini menawarakan kendali penargetan pada tingkat yang lebih tinggi daripada broad match, karena iklan tidak akan muncul ketika pengguna mencari dengan menggunakan kata sinonim atau yang relevan dengan kata kunci Anda. Tetapi tidak seperti phrase match, iklan akan muncul ketika pengguna mencari dengan kata atau frase yang berbeda.

Misalnya, iklan produk sepatu pria Anda akan muncul pada semua jenis kata kunci, kecuali untuk kata kunci “model sepatu pria”

5 – Negative Match

Negative match memungkinkan Anda membuat permintaan yang dapat menghentikan tampilan iklan. Pencarian tersebut berpotensi menyimpang dari kata kunci Anda. Tetapi ada hal yang lain mungkin secara spesifik merujuk pada industri atau produk Anda. Pada tahap selanjutnya, Anda sebaiknya menyusun daftar kata kunci ini untuk mengetahui mana yang dapat digunakan dan tidak, atau kata kunci mana yang perlu diubah untuk menghasilkan konversi dan mana yang tidak perlu.

Misalnya, iklan Anda akan muncul jika pengguna mencari dengan kata kunci “sepatu pria” atau “model sepatu pria”, sedangkan iklan tidak akan muncul untuk kata kunci “sepatu wanita”, “sepatu lari untuk wanita”, dan “sepatu wanita warna merah”.

Pastikan Anda memeriksa dan mengoptimasi jenis pencocokan kata kunci secara teratur, karena tanpa adanya penentuan target kata kunci, Anda tidak dapat mengendalikan pengeluaran Anda. Jika Anda memiliki klik dari yang tidak relevan, maka mungkin Anda akan mendapatkan sedikit konversi dengan budget pengeluaran yang cukup besar.

Setiap jenis pencocokan di atas memiliki tingkat kendali yang berbeda dari keseluruhan target budget Anda. Broad match seharusnya dihindari karena iklan dengan broad match muncul karena adanya permintaan pencarian yang bernilai rendah dan tidak relevan. Idealnya, Anda menggunakan exact match dengan kemungkinan level kendali atas penargetan konsumen dan budget Anda yang paling maksimum.

More from our blog

See all posts
No Comments