Bisnis Online

5 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Strategi Penjualan Produk

Menjual sebuah produk merupakan inti dari strategi penjualan yang dibuat dan direncanakan sebelumnya. Sebuah usaha harus mempunyai strategi atau trik bagaimana sebuah produk dapat terjual dan sampai ke tangan pelanggan. Tidak hanya sampai akan tetapi produk tersebut memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan yang telah membelinya.

Berikut adalah 5 hal yang jangan sampai anda lakukan dalam Pemasaran produk anda:

1. Tidak Meminta Masukan Dari Rekan Bisnis

Membangun sebuah relasi atau hubungan adalah suatu hal yang sangat penting, terutama dalam industri tekhnologi. Rekan bisnis tersebut dapat menjadi orang yang tepat untuk dimintai masukan dalam membuat keputusan, baik untuk satu. Kenapa harus mereka? karena rekan bisnis anda berdiri di sisi lain dari perusahaan anda oleh karena itu kemungkinan besar mereka tau apa kekurangan dari bisnis anda. Hal ini sangat bagus untuk dijadikan bahan evaluasi.

2. Pesimis Terhadap Produk Sendiri

Anda akan menjual produk baru dengan harga xxx dan karena anda tidak yakin dengan produk tersebut, anda susah payah menjelaskan cara produksi dan berapa biayanya dan bla,bla,bla. Setelah pelanggan tahu biaya dari produk Anda pelagganpun tidak jadi membeli produk anda. Jangan hancurkan kepercayaan anda terhadap produk Anda sendiri. Berpikirlah besar dan percaya diri dari awal.

3. Mengumbar Janji Berlebihan

Menjanjikan suatu hal yang sangat besar dan mustahil justru akan menutup mata pelanggan pada bisnis tersebut. Pelanggan akan ragu apakah hal tersebut benar atau hanya umpan semata untuk membeli produk anda. Pelanggan era ini sudah sangat pintar dalam memilih penawaran. Hati-hati saat memberi janji atau penawaran khusus, jangan sampai menjadi tombak yang berbalik ke usaha sendiri.

4. Tidak Memahami Kebutuhan Pelanggan

Seringkali anda hanya fokus pada berapa barang, produk atau jasa yang akan anda jual ke customer dan melupakan hal paling penting kenapa customer membeli produk anda. Satu hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui tujuan serta keinginan pelanggan. Inilah yang disebut dengan menjadikan pelanggan sebagai rekan, bukan hanya target penjualan. Jadilah pendengar yang baik dan berikanlah solusi pada pelanggan anda. Jangan terlalu bersikeras menjual produk anda , saat mereka nyaman dengan anda maka mereka akan datang dengan sendirinya untuk membeli produk anda.

5. Tidak Melakukan Evaluasi

Ini adalah hal yang paling jangan sampai anda lakukan. Anda telah berusaha menawarkan barang ke sana ke sini, memasukan proposal, tetapi anda belum mendapatkan penjualan. Dan selanjutnya anda menyerah ???? tanpa anda tau apa penyebab anda gagal. Lakukan evaluasi kenapa anda gagal apakah segmen yang anda pasarkan tepat. Setelah itu buat strategi baru dan jalankan.

Mencoba dan mencoba adalah hal yang harus selalu anda lakukan untuk meningkatkan penjualan. Jika anda lelah dan berhenti mencoba maka usaha anda akan berhenti dan berakhir. Anda akan belajar dari keberhasilan dan kegagalan anda saat mencopa dan menjadi lebih kuat.