Artikel

4 TIPS MENAIKKAN PENJUALAN KETIKA PENGHUJUNG TAHUN TIBA

 

Meningkatkan penjualan dan menerima keuntungan merupakan inti dalam sebuah perusahaan bisnis. Kedua hal tersebut menetapkan hidup atau tidaknya sebuah perusahaan, yang dapat dipandang dari lancar atau tidaknya perusahaan dalam merekrut karyawan, membeli peralatan perusahaan, memproduksi produk, atau memberikan peningkatan dalam jasa pelayanan, khususnya ketika penghujung tahun datang. Di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya, ada bagusnya kamu segera menyiapkan beberapa taktik bisnis untuk meningkatkan penjualan dan menjaga kestabilan perusahaanmu saat akhir tahun tiba.

  1. Memperlebar Sasaran Bisnis

Jika paling gampang yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan yang signifikan dari bisnis Anda yakni dengan memperlebar sasaran bisnis. Jangan takut dengan penambahan tarif saat akan memperlebar bisnis di zona baru. Karena itu, kamu wajib menjalankan riset secara khusus dulu, mulai dari sasaran pasar, harga, sampai bagaimana kompetisi di daerah tersebut. Jika Anda menjalankan riset dengan pas, kemungkinan Anda menerima peningkatan keuntungan akan semakin tinggi.

  1. Meninjau kembali harga produk atau jasa

Untuk kestabilan bisnismu ke depannya, penting untuk meninjau kembali harga produk atau jasa yang kamu jual. Usahakan kamu terus menjalankan riset atau survey penjualan, contohnya bagaimana respon masyarakat perihal produkmu, apakah harga yang ditawarkan terlalu mahal atau murah, dan bagaimana harga produk di pasaran. Jika harga produkmu terasa terlalu murah, Anda dapat menaikkan harga serta menjalankan edukasi mengenai manfaat yang akan didapat, seperti peningkatan layanan pelanggan, jaminan yang lebih bagus, peningkatan kualitas bahan yang diaplikasikan, serta aturan yang lebih adil.

  1. Adakan program promosi

Jika kamu mengharapkan pelangganmu terus membeli secara rutin, kamu dapat mencoba untuk memberikan mereka intensif pembelian, peningkatan layanan, atau pun diskon. Contohnya, pemberian kopi gratis untuk pembelian ke-10 di kedai kopi atau pelayanan gratis tukang cukur sesudah memakai jasa mereka beberapa kali.

  1. Menjaga keloyalan pelanggan

Ada beberapa sistem untuk menjaga keloyalan pelanggan. Jika kamu bergerak pada bisnis retail, usahakan untuk menerima domisili e-mail atau berita kontak lainnya guna memberikan berita mengenai paket menarik atau potongan harga pada produk-produk tertentu. Adakalanya kalau ada pergerakan pada sistem business-to-business, pastikan Anda menaruh data kontak rekan bisnismu yang cermat agar kamu gampang menjalankan follow up lanjutan. Kemudian, para pelanggan tetapmu tersebut akan memberikan masukan yang berharga untuk perkembangan bisnismu.

Menjaga kekerabatan bagus dengan para pelanggan tetap adalah hal dasar yang penting dilakukan. Jika ini diperkuat dengan penelitian yang menampakkan bahwa pelanggan tetap cenderung lebih tertarik dan lebih cepat mengambil keputusan untuk membeli produkmu daripada para pelanggan-pelanggan yang baru. Dengan ketatnya kompetisi pasar, kamu memang wajib jago membikin taktik bisnis yang pas dan juga inovatif. Keempat ide di atas dapat diterapkan dan lakukan peninjauan kembali apakah taktik bisnis yang kamu lakukan ini sukses atau tidak. Salam sukses!