Artikel

10 IDE PROMOSI UNTUK MENAIKKAN PENJUALAN AKHIR TAHUN

Untuk meningkatkan penjualan di akhir tahun, pemilik bisnis sewajarnya berpikir secara cermat. Sistem yang sudah biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan opsi terbaik di akhir tahun. Kecuali diskon, sebenarnya masih banyak opsi promosi yang dapat Anda gunakan. Anda semestinya jeli memandang sasaran pasar, untuk menghasilkan promosi yang pas sasaran. Sekiranya anda belum punya bayangan, semoga 10 pandangan baru promosi berikut dapat membantu. Apa saja itu? Silakan simak poin-poin berikut ini:

  1. Beli 1 gratis 1

Ketimbang Anda memberi diskon 50%, model beli 1 gratis 1 akan terasa lebih menguntungkan kedua belah pihak. Karena, pelanggan tetap membeli produk anda dengan harga utuh, sekaligus merasa mujur menerima 1 produk lain secara gratis.

  1. Kursus gratis

Untuk Anda yang menjual barang dengan cara pemakaian tertentu, berikan kursus gratis mengoptimalkan manfaat produk Anda. Pembeli tentu akan senang atas layanan yang demikian.

  1. Promosi Bersama

Bekerjasamalah dengan pemilik bisnis lain yang berhubungan di sekitar Anda. Dapat dicoba kerjasama dengan bisnis yang menjual produk komplementer produk yang Anda jual, atau bisnis yang mempunyai sasaran pasar yang sama dengan bisnis Anda. Misal, warung bakso membikin promo beli 10 porsi bakso GRATIS minuman apa saja, bekerja sama dengan warung minuman terdekat.

  1. Hadiah gratis untuk jumlah pembelian tertentu

Berikan hadiah untuk pelanggan yang membeli produk minimal. Contohnya, toko mainan memberi hadiah gacha gratis untuk setiap pembelian minimal 5 mainan.

  1. Hadiah kejutan untuk pembelian tertentu

Kepuasan pelanggan terjadi ketika seseorang menerima lebih dari yang ia harapkan. Atau, Anda memberikan sesuatu apa yang tidak Anda sebutkan sebelumnya. Untuk itu, berikan hadiah kejutan untuk pembeli dengan poin transaksi tertentu, dan buat ia terpikat dengan layanan bisnis Anda.

  1. Jual paket

Produk yang kurang laris di toko Anda, dapat dipasarkan satu paket dengan produk yang banyak diminati pembeli. Ketimbang menumpuk di gudang, jauh lebih baik untuk secepatnya menjual produk yang kurang laku hal yang demikian.

  1. Berikan voucher

Pastikan pembeli Anda kembali di lain waktu, dengan memberi voucher belanja di toko Anda. Jangan lupa untuk mecantumkan masa berlaku voucher hal yang demikian.

  1. Dipungut layanan purna jual

Berikan layanan perawatan produk yang pelanggan beli, gratis untuk 2 minggu atau 1 bulan pertama.

  1. Konsultasi gratis

Pelanggan dapat berkonsultasi mengenai pemakaian dan perawatan produk yang ia beli di toko Anda. Selama konsultasi, Anda juga dapat menawarkan produk komplementer untuk produk yang telah dibeli pelanggan.

  1. Dipungut desain

Sekiranya Anda pemilik bisnis percetakan, gratiskan biaya desain untuk pengorderan dalam jumlah tertentu.